6 Perbedaan Durian Musang King Dan Durian Lokal

  • Whatsapp
6 Perbedaan Durian Musang King Dan Durian Lokal
6 Perbedaan Durian Musang King Dan Durian Lokal

Garisatu.com – Buah durian menjadi buah favorit bagi sebagian orang. Bahkan buah durian disebut sebagai raja buah buahan. Nama durian sendiri tidak jauh dari karakteristik buahnya yang memiliki kulit berduri cukup tajam sehingga kita harus membelahnya terlebih dulu untuk bisa mendapatkan buahnya.

Durian memiliki beragam jenis mulai dari durian montong, durian medan, dan yang menjadi raja durian ialah durian musang king.

Bacaan Lainnya

Tentu saja bagi para penggemar durian nama musang king sudah tidak asing lagi di telinga.

Bahkan musang king menjadi durian paling mahal daripada durian yang lain.

Durian musang king berasal dari negara Malaysia, jika dilihat secara fisik, musang king ini mempunyai bentuk yang sedang dengan berat rata-rata hanya sekitar 2kg/buah.

Warna kulit musang king mempunyai kulit berwarna hijau semu kekuningan, semburatnya terlihat dari ujung duri sampai kedasar kulitnya.

6 Perbedaan Durian Musang King Dan Durian Lokal

Bagian tangkai musang king pun lebih panjang dari umumnya dengan mahkota buah (bagian tangkai pada buah) yang dijauhi durinya.

Selain itu, ciri khas lainnya bisa kita dilihat dari durian musangking ini adalah adanya garis pembelah kulit buah durian.

Garis pada durian musang king terlihat sangat terlihat jelas pada ujung buah durian, karena membentuk pola yang khas, pola bintang.

Selain itu, ada keunggulan keunggulan dari durian musang king sehingga dijuluki sebagai raja durian. Simak penjelasannya dibawah ini.

1.         Citarasa juara

6 Perbedaan Durian Musang King Dan Durian Lokal

Tentu saja bicara mengenai musang king, citarasa dari durian ini sendirilah yang membuat musang king begitu digemari.

Buah durian musangking ini menawarkan citarasa manis dengan sedikit rasa pahit khas durian lokal. Selain itu, durian musang king juga mempunyai aroma yang harum menyengat dan sedikit alkoholis khas buah durian.

Lebih dari itu, citarasa buah durian Musangking lembut di lidah seperti mentega yang meleleh, lalu dipadu dengan balutan rasa manis elegan dan sedikit rasa pahit membuatnya makin mantap.

2.         Daging buah yang tebal

6 Perbedaan Durian Musang King Dan Durian Lokal

Durian ini memiliki warna daging yang cantik yakni berwarna kuning kunyit. Serta memiliki bagian daging buah yang tebal, tekstur buah yang lembut dan kering.

Dan biji dari musang king ini sedikit kempes sehingga menyebabkan daging buah menjadi lebih tebal dibandingkan durian jenis lainnya.

3.         Tingkat adaptasi tinggi

6 Perbedaan Durian Musang King Dan Durian Lokal

Tanaman durian dikenal memiliki tingkat adaptasi yang cukup tinggi, musang king bisa tumbuh dengan baik pada dataran rendah maupun dataran tinggi.

Namun untuk ketinggian ideal yakni pada ketinggian 400-600 m dpl (dari permukaan laut), seperti pada yang kita sering temui di daerah sekitar Jawa.

Namun di beberapa daerah seperti di Malang, Jawa Timur, Musangking bisa juga tumbuh sampai di ketinggian hampir 1000 m dpl.

6 Perbedaan Durian Musang King Dan Durian Lokal

4.         Bersifat genjah

Keunggulan dari durian musang king ialah bersifat genjah atau mudah berbuah.

Jika dirawat dengan baik, panen buah durian musang king bisa dinikmati ketika tanaman sudah berumur 3 hingga 4 tahun. Berbeda dengan jenis durian lainnya yang dapat dipanen ketika berumur 5 hingga 6 tahun.

5.         Nilai market tinggi

6 Perbedaan Durian Musang King Dan Durian Lokal

Nilai jual buah durian Musang king mencapai Rp 135.000 per kg. Bahkan di kota-kota besar seperti Surabaya, buah durian Musang king dijual per kg buah utuh segarnya seharga Rp 150.000.

Apabila dijual dalam bentuk buah beku, nilai nominalnya mencapai Rp 465.000. Di tingkat pekebun atau produsen, buah durian Musang king dijual per butir.

Dengan harga per butirnya dipatok antara Rp 75.000 sampai Rp 100.000. Bandingkan dengan harga jual durian lokal yang hanya rata-rata mencapai kisaran Rp 10.000 atau paling mahal Rp 30.000 saja per butirnya di tingkat pekebun.

Selain itu harga Tanaman durian musangking juga lebih mahal dibanding bibit durian biasa. Bibit durian Musang king ini dibandrol dengan harga Rp 150.000 sampai Rp 300.000 tergantung tinggi bibitnya.

6.         Jenis durian populer

Diantara beberapa jenis durian import yang telah beredar di Indonesia, saat ini keberadaan durian musangking telah manjadi jenis durian yang paling banyak dicari dan serta mampu menggeser durian montong yang sebelumnya menjadi juaranya buah durian.

Dengan segala keunggulan yang dimiliki durian musangking, wajar saja jika durian ini menjadi primadona baru buah durian.

Itu lah keunggulan durian musang king dibandingkan dengan durian lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *