6 Perbedaan Buah Lokal Dan Buah Import

  • Whatsapp
6 Perbedaan Buah Lokal Dan Buah Import
6 Perbedaan Buah Lokal Dan Buah Import

Garisatu.com – Mengonsumsi buah lokal ataupun import dalam keseharian membuat kita kerap rutin membeli buah di supermarket atau pasar. Memang sangat banyak variasi buah dan juga cara mengolahnya pun bisa bermacam macam, entah di makan begitu saja, di jadikan jus, smoothies, topping yoghurt, es buah yang menyegarkan, dan lain sebagainya. Dan tidak lupa rasa nya yang enak serta kandungan vitamin dan mineral didalamnya juga.

Selain banyaknya pilihan buah buahan yang bis akita beli, buah juga digolongkan menjadi 2 jenis. Yakni buah lokal dan buah import.

Bacaan Lainnya

Orang orang memilih kedua jenis buah ini berdasarkan persepsi mereka. Ada anggapan bahwa buah import lebih bagus, ada pula anggapan jika buah local lebih sehat.

Lantas sebenarnya apakah buah local atau import memengaruhi kandungan nutrisi didalamnya ? Simak penjelasan dibawah ini.

Keunggulan buah lokal:

1.         Buah lebih segar

6 Perbedaan Buah Lokal Dan Buah Import

Buah local terasa lebih segar karena proses pendistribusian yang lebih singkat dibandingkan buah import yang memakan waktu lebih lama untuk sampai di Indonesia.

Para petani pun biasanya memanen buah saat buah hampir matang, dan langsung dijual. Maka itu buah lokal memiliki banyak peminat.

2.         Bebas pengawet

Buah lokal tidak menggunakan pengawet sehingga menjadikannya lebih sehat.

Kembali lagi, karena buah import memerlukan proses distribusi yang panjang, maka untuk menjaga kualitas buah tetap bagus, penggunaan bahan pengawet kerap menjadi solusinya.

3.         Mengurangi jejak karbon

6 Perbedaan Buah Lokal Dan Buah Import

Sistem pengiriman yang lebih singkat membuat buah lokal lebih ramah lingkungan. Berbeda dengan buah impor yang memiliki proses pengiriman lebih panjang.

Buah impor cenderung menghasilkan emisi karbon setiap harinya.

4.         Nutrisi yang lebih optimal

5.         Rasa yang lebih enak

Dikarenakan buah buahan local lebih segar, maka tidak heran jika nutrisi didalamnya masih ‘penuh’ dibandingkan buah import.

Mengkonsumsi buah lokal yang masih segar dan bebas zat kimia memiliki banyak sekali kelebihan. Salah satunya adalah terbebas dari penyakit degeneratif seperti penyakit stroke, jantung serta diabetes.

Meskipun segi rasa menjadi pilihan pribadi masing masing, namun sebagian orang menganggap rasa dari buah local lebih enak karena beberapa hal, misalnya buah yang masih segar, dan tidak ada tambahan bahan kimia pengawet didalam buah.

6.         Cocok dengan kondisi masyarakat

Kecocokan masyarakat Indonesia dengan buah local menjadi salah satu keunggulan tersendiri. Buah di Indonesia mengikuti 2 musim yang berlaku yaitu musim kemarau dan musim hujan.

Buah musiman memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh sesuai dengan musim yang datang.

Keunggulan buah import:

1.         Warna yang lebih cerah

6 Perbedaan Buah Lokal Dan Buah Import

Buah import yang berasal dari luar negeri juga bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Salah satu kelebihan dari buah import ialah memiliki warna yang lebih cerah.

Tampilan warna yang cerah ini bisa memberikan kesan buah masih segar dan lebih menarik untuk dibeli.

Selain warna yang lebih cerah juga, bentuk buah biasanya lebih besar dibandingkan buah local. Inilah yang kemudian menjadi alasan orang beralih memilih buah import dibandingkan local.

2.         Mudah ditemukan

6 Perbedaan Buah Lokal Dan Buah Import

Sebagian masyarakat Indonesia mungkin akan lebih menyukai pergi ke pasar modern seperti supermarket dibandingkan pasar tradisional.

Buah import pun akan sangat ditemukan di pasar pasar modern. Buah impor banyak dipromosikan oleh toko buah serta supermarket yang besar.

Promosi yang dilakukan secara terus menerus membuat banyak konsumen beralih ke produk impor.

Hal ini juga menguntungkan bagi para penjual buah-buahan impor. Namun, kini petani di Indonesia juga mulai membudidayakan bibit tanaman buah yang didatangkan langsung dari luar negeri.

3.         Beberapa buah import cenderung lebih murah

6 Perbedaan Buah Lokal Dan Buah Import

Ada beberapa buah impor yang dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan buah lokal.  Dengan harga murah kecenderungan untuk membeli buah impor tentu lebih tinggi.

Meskipun buah import memiliki tampilan seperti warna dan bentuk yang lebih menarik, sayangnya tidak semua warna yang terlihat merupakan warna asli dari buah tersebut.

Banyak produsen buah yang mengandalkan zat kimia untuk membuat tampilan buah menjadi sedemikian rupa.

Buah import juga diberi pengawet supaya bisa bertahan lama dalam proses pendistribusiannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *