6 Penyebab Mata Bengkak Tiba Tiba Ketika Bangun Tidur

  • Whatsapp
6 Penyebab Mata Bengkak Tiba Tiba Ketika Bangun Tidur
6 Penyebab Mata Bengkak Tiba Tiba Ketika Bangun Tidur

Garisatu.com – Ketika bangun tidur, sebagian orang mengeluhkan masalah kelopak mata yang mendadak bengkak. Mata bengkak pastinya akan menimbulkan rasa tidak nyaman karena terasa mengganjal ketika digunakan untuk melihat. Selain itu, mata bengkak bisa sangat mengganggu penampilan.

Banyak hal bisa menyebabkan kelopak mata bengkak. Penyebab utama yang membuat mata anda membengkak biasanya disebabkan oleh alergi, infeksi pada mata, hingga cedera mata.

Bacaan Lainnya

Ada juga beberapa penyakit yang cukup serius pada mata, yang menimbulkan gejala pembengkakan kelopak mata.

Jika mata mengalami bengkak terjadi secara tiba tiba, mungkin beberapa hal dibawah ini menjadi penyebabnya.

1.         Alergi

6 Penyebab Mata Bengkak Tiba Tiba Ketika Bangun Tidur

Penyebab mata bengkak yang paling umum ialah alergi. Alergi ini akan menimbulkan perasaan yang sangat tidak nyaman, bahkan mengganggu aktifitas sehari hari.

Alergi yang terjadi pada mata disebabkan oleh system kekebalan tubuh yang bereaksi berlebihan terhadap biang alergi atau allergen,

Ketika terpapar allergen seperti debu, kosmetik, atau perawatan wajah, sel sel pada mata melepaskan histamin dan bahan kimia lain untuk melindungi mata.

Kondisi seperti ini yang membuat pembuluh pada mata membengkak sehingga mata pun terasa mengganjal, gatal, merah, dan berair.

Untuk mengatasi kelopak mata yang membengkak karena alergi, Anda dapat minum obat antihistamin, terutama yang diresepkan oleh dokter.

2.         Radang selaput mata

6 Penyebab Mata Bengkak Tiba Tiba Ketika Bangun Tidur

Mata merah atau konjungtivitis adalah peradangan pada konjungtiva. Konjungtiva sendiri merupakan selaput lendir bening yang melapisi bagian dalam kelopak mata dan menutupi bagian putih mata.

Kondisi konjungtivitis biasanya disebabkan oleh alergi, bakteri, atau virus. Gejala konjungtivitis yang dirasakan ialah mata terasa lengket karena terlalu banyak lendir atau kotoran mata ketika bangun tidur. Selain itu, kelopak mata juga bisa menjadi bengkak, mata menjadi merah, dan gatal.

3.         Herpes mata

6 Penyebab Mata Bengkak Tiba Tiba Ketika Bangun Tidur

Infeksi herpes bisa menyerang bagian kornea mata. Kornea mata merupakan kubah bening yang menutupi bagian depan mata.

Herpes mata (herpes ocular) bisa menimbulkan luka yang menyakitkan pada kelopak mata, menyebabka peradangan kornea, dan membuat mata menjadi bengkak.

Gejala herpes mata mirip dengan konjungtivitis. Apabila lalai dan tidak ditangani dengan pengobatan yang tepat, maka herpes bisa menjadi peyakit mata yang serius.

Pemberian obat antivirus bisa meredakan gejala penyakit herpes mata. Namun, obat ini tidak akan menghilangkan virus herpes dari tubuh penderita.

6 Penyebab Mata Bengkak Tiba Tiba Ketika Bangun Tidur

4.         Timbil

6 Penyebab Mata Bengkak Tiba Tiba Ketika Bangun Tidur

Timbil (hordeolum) merupakan infeksi yang menyerang kelenjar pada mata. Timbil bisa timbul pada kelenjar air mata, tepatnya didasar bulu mata atau pada kelopak mata.

Sebelum munculnya timbil, biasanya mata akan memerah, mata gatal, nyeri, dan bengkak.

Gejala timbil yang mirip dengan jerawat ini bisa muncul dalam hitungan jam maupun hari. Timbil umumnya tidak berbahaya karena hanya menyerang satu kelenjar minyak di kelopak mata.

Cara mengatasi mata yang bengkak akibat timbil cukup mudah, kamu cukup mengompres bagian mata yang membengkak dengan air hangat untuk meredakan sakit dan mengeluarkan nanah ke permukaan benjolan.

Ingat, jangan pernah memecahkan bintitan di kelopak mata. Hal ini berisiko membuat infeksi menyebar.  Namun jika timbil muncul di beberapa tempat, dan terasa menyakitkan, disertai dengan demam, maka ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

5.         Mata lelah

Kelelahan seperti saat mata digunakan untuk main HP atau menatap layar monitor seharian, bisa membuat kelopak mata terlihat bengkak.

Pasalnya, saat mata digunakan tanpa jeda atau tanpa istirahat, air mata dapat tertahan dan membuat mata bengkak.

Cara mengatasi mata bengkak karena lelah juga cukup mudah. Anda tinggal mengompres bagian kelopak mata dengan air dingin sambil berbaring.

Selain itu, anda juga perlu minum cukup air putih untuk mengurangi efek pembengkakan pada mata.

6.         Menangis

Menangis dalam waktu yang lama dapat merusak pembuluh darah kecil di mata dan kelopak mata. Peningkatan aliran darah ke sekitar mata dapat membuat cairan tertahan di sana.

Sehingga, kelopak mata seseorang bisa membengkak setelah menangis. Untuk mengatasinya, istirahatkan mata.

Setelah itu, kompres mata dengan air dingin, dan minum air putih yang cukup. Apabila mata bengkak terasa mengganggu, ada baiknya Anda segera mengonsultasikannya ke dokter.

Itu dia beberapa penyebab mata bengkak ketika bangun tidur dan cara mengatasinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *