6 Penyebab Berat Badan Naik Secara Tiba Tiba

  • Whatsapp
6 Penyebab Berat Badan Naik Secara Tiba Tiba
6 Penyebab Berat Badan Naik Secara Tiba Tiba

Garisatu.com – Apakah kamu pernah mengalami kondisi berat badan naik secara tiba tiba saat kamu menimbang? Pastinya ketika melihat timbangan yang tiba tiba melonjak kamu merasa kaget dan setengah tidak percaya. Bahkan tidak sedikit yang berfikir bahwa timbangan mereka sudah rusak.

Pada dasarnya penambahan atau penurunan berat badan merupakan hal yang wajar, tapi jika berat badan naik dengan rentang waktu yang sama, kita perlu mengingat kembali apa yang menjadi penyebab berat badan naik.

Bacaan Lainnya

Apabila berat badan naik dan bertambah sekitar dua kilogram atau lebih dalam hitungan hari atau minggu, itu berarti sudah saatnya kita memberi perhatian khusus.

Lawrence Cheskin, MD, direktur Johns Hopkins Weight Management Center menyampaikan, berat badan naik sekitar 2,2 kilogram atau lebih cenderung umum di kalangan wanita, namun jarang ditemui pada pria. Lantas, apa yang menjadi penyebab berat badan tiba tiba naik?

1.         Mengonsumsi garam terlalu banyak

6 Penyebab Berat Badan Naik Secara Tiba Tiba

Cheskin mengatakan, mengonsumsi natrium atau garam menyebabkan tubuh kita menahan air. Sedangkan air sendiri memiliki berat dan volume. Jadi, jika kamu mengonsumsi banyak makanan asin secara berturut turut dalam beberapa hari, ini bisa menjadi penyebab berat badan naik tiba tiba.

Makanan cepat saji cenderung sarat akan natrium, selain itu, beberapa makanan yang ada dirumah seperti roti dan daging yang diawetkan juga mengandung natrium.

Maka dari itu, pembatasan konsumsi garam perlu diperhatikan ketika berat badan sudah naik secara tiba tiba.

2.         Menjalani pengobatan

6 Penyebab Berat Badan Naik Secara Tiba Tiba

W. Scott Butsch, M.D., direktur pengobatan obesitas di Bariatric and Metabolic Institute di Cleveland Clinic mengatakan bahwa ada banyak obat yang bisa menyebabkan penambahan berat badan.

Butsch juga mengatakan, pengobatan bisa memicu hingga 15 persen kasus obesitas. Obat depresi dan obat pebyakit jantung merupakan dua penyebab umum kenaikan berat badan pada seseorang.

Termasuk juga obat tidur yang diresepkan, obat penghilang rasa sakit, dan beberapa antihistamin untuk alergi juga bisa menyebabkan peningkatan berat badan.

3.         Makan dalam porsi banyak tanpa disadari

6 Penyebab Berat Badan Naik Secara Tiba Tiba

Poin ini merupakan penyebab paling nyata mengapa berat badan bisa naik secara tiba tiba, namun jarang disadari oleh pelakunya.

Jika kita meningkatkan jumlah kalori secara konsisten selama satu atau dua bulan, maka kita akan melihat peningkatan berat badan sekitar 2 sampai 5 kilogram.

Dan kenaikan berat badan ini bisa tidak kita sadari. Sebab jika anda mengonsumsi 500 kalori lebih banyak dalam satu minggu, seiring berjalannya waktu, jumlah kalori ini bisa ikut terakumulasi dan menyebabkan kenaikan berat badan.

6 Penyebab Berat Badan Naik Secara Tiba Tiba

4.         Mengubah pola diet

6 Penyebab Berat Badan Naik Secara Tiba Tiba

Jika kita sebelumnya sedang menjalani program diet tertentu dan beralih ke program diet lainnya, ini juga bisa menyebabkan kenaikan berat secara tiba tiba.

Seperti contoh beralih dari diet rendah karbohidrat (diet keto) menjadi diet yang mengandung lebih banyak biji bijian dan pati, maka kita akan segera melihat perbedaannya.

Pasalnya, karbohidrat disimpan didalam otot dan hati sebagai glikogen, dan setiap gram glikogen mengandung sekitar tiga gram air. Itu berarti, satu porsi makanan cepat saji bisa menyimpain esktra air didalam jaringan kita.

5.         Baru saja menurunkan berat badan

6 Penyebab Berat Badan Naik Secara Tiba Tiba

Butsch mengatakan, berat badan dan lemak tubuh kita diatur dengan ketat, dan sistem kita akan bertindak untuk menjaganya agar tetap stabil.

Dengan kata lain, berat badan yang berhasil dikurangi kemungkinan besar akan kembali, meski kita terus melakukan rutinitas penurunan berat badan, tambahnya. Jika kita baru saja menurunkan berat badan, kemungkinan besar berat yang hilang akan kembali, terlepas dari seberapa banyak kita makan atau berolahraga.

6.         Mengalami gangguan endokrin

6 Penyebab Berat Badan Naik Secara Tiba Tiba

Sekitar satu dari lima orang dewasa memiliki tiroid yang kurang aktif atau juga dikenal sebagai hipotiroidisme, menurut National Institutes of Health.

Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita, namun Cheskin mengatakan ada sebagian pria mengalami hipotiroidisme, yang dapat memicu kenaikan berat badan signifikan secara tiba-tiba.

Beberapa gangguan hormon lainnya juga dapat menyebabkan penambahan berat badan, kata Butsch. Jika kita memiliki gangguan endokrin, gejalanya tidak hanya penambahan berat badan, melainkan juga kelelahan, sakit kepala, gangguan berpikir, depresi, serta mudah tersinggung, menurut Mayo Clinic.

Itu dia 6 penyebab berat badan yang naik secara tiba tiba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *