6 Manfaat Rutin Mengonsumsi Air Lemon Pada Pagi Hari

  • Whatsapp
6 Manfaat Rutin Mengonsumsi Air Lemon Pada Pagi Hari
6 Manfaat Rutin Mengonsumsi Air Lemon Pada Pagi Hari

Garisatu.com – Baguskah mengonsumsi air lemon di pagi hari? Sebagian orang mungkin sudah terbiasa mengawali hari dengan secangkir kafein seperti teh dan kopi. Segelas kafein memang bisa memambah energi di pagi hari. Namun pernahkah kamu mencoba memulai hari dengan meminum segelas air lemon?

Jika belum, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi segelas air lemon pada pagi hari sebagai awal rutinitas pagi yang sehat.

Bacaan Lainnya

Cara membuat air lemon ini juga cukup mudah, kamu hanya perlu mentiapkan satu gelas air putih hangat atau suhu ruangan, dan tambahkan perasan buah lemon secukupnya.

6 Manfaat Rutin Mengonsumsi Air Lemon Pada Pagi Hari

Jika diperlukan, kamu juga bisa menambahkan beberapa bahan bahan alami lain yang juga baik bagi kesehatan seperti madu, jahe, kayu manis, kunyit, daun mint, mentimun, atau rempah rempah lain sesuai selera anda.

Mengonsumsi segelas air lemon pada pagi hari bisa memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat yang bisa didapatkan.

1.         Mengatasi dehidrasi

6 Manfaat Rutin Mengonsumsi Air Lemon Pada Pagi Hari

Sebagian orang mungkin merasa tidak suka mengonsumsi air putih pada pagi hari karena rasanya hambar. Padahal menghidrasi tubuh setelah tidur malam yang panjang penting dilakukan untuk mempertahankan cairan dalam tubuh.

Dibandingkan memilih minuman berkafein atau minuman manis yang memiliki dampak bagi kesehatan, cobalah untuk mengganti dengan air lemon yang menyegarkan.

Selain menyegarkan, air lemon juga bisa membantu anda untuk minum lebih banyak air. Dengan begitu, tubuh juga akan terhidrasi dengan baik.

2.         Kaya akan vitamin C dan antioksidan

6 Manfaat Rutin Mengonsumsi Air Lemon Pada Pagi Hari

Buah lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan. Zat ini penting bagi tubuh untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sampai meningkatkan produksi kolagen.

Tidak hanya itu, kedua zat ini juga memiliki peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular seperti stroke sampai penyakit jantung.

Selain sehat, kulit orang yang mengonsumsi air lemon juga disebut lebih terawatt.

3.         Mengatasi bau mulut

6 Manfaat Rutin Mengonsumsi Air Lemon Pada Pagi Hari

Masalah utama yang sering kita hadapi ketika bangun tidur pada pagi hari ialah bau mulut yang tidak sedap. Anda bisa mengonsumsi air lemon pada pagi hari untuk mengatasi masalah ini.

Pasalnya, air lemon akan merangsang produksi air liur, dan air liur bisa membersihkan mulut sehingga masalah bau mulut juga bisa diminimalisir.

Tidak hanya itu, air lemon juga bisa mencegah mulut dari kekeringan. Ketika mulut kering, bakteri rentan muncul dan menyebabkan bau mulut.

6 Manfaat Rutin Mengonsumsi Air Lemon Pada Pagi Hari

4.         Melancarkan fungsi pencernaan

6 Manfaat Rutin Mengonsumsi Air Lemon Pada Pagi Hari

Mengonsumsi segelas air lemon pada pagi hari juga bisa membantu anda untuk melancarkan pencernaan. Konsumsi air lemon hangat dipercaya bisa menjadi obat pencahar alami guna mencegah sembelit.

Asam yang terkandung didalam buah lemon bisa membantu tubuh untuk mengurai makanan. Dengan begitu, sisa sisa makanan pun bisa lebih cepat keluar.

Namun jika anda memiliki Riwayat gangguan pencernaan, sebaiknya berhati hati jika mengonsumsi air lemon pada pagi hari.

Karena mengonsumsi air lemon ketika kondisi perut kosong bisa menyebabkan iritasi dan memicu gangguan pencernaan pada penderita.

Orang yang memiliki gangguan pencernaan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan mengonsumsi air lemon.

5.         Mencegah pembentukan batu ginjal

6 Manfaat Rutin Mengonsumsi Air Lemon Pada Pagi Hari

Minum air lemon juga disebut dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Kebaikan ini muncul berkat kandungan asam sitrat dalam lemon.

Peningkatan kadar asam sitrat dalam urine mampu menghalangi pembentukan batu ginjal. Memang, kandungan sitrat dalam air lemon tidak seampuh obat potasium sitrat yang diresepkan oleh dokter.

Namun bagi anda yang ingin meminimalkan penggunaan obat untuk mencegah batu ginjal, konsumsi air lemon secara rutin dapat menjadi cara alternatif yang bisa dicoba.

Perlu diingat, pastikan dulu untuk berkonsultasi ke dokter apakah langkah ini cocok untuk anda.

6.         Mendukung penurunan berat badan

6 Manfaat Rutin Mengonsumsi Air Lemon Pada Pagi Hari

Penelitian yang dilakukan pada tikus obesitas telah menunjukkan bahwa antioksidan polifenol yang ditemukan dalam lemon, secara signifikan dapat mengurangi penambahan berat badan.

Dalam studi ini, senyawa antioksidan juga mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa darah dan meningkatkan resistensi insulin —dua faktor utama penyebab diabetes tipe 2.

Meski hasil yang sama perlu dibuktikan pada manusia, banyak orang yang sudah percaya akan manfaat air lemon untuk menurunkan berat badan.

Namun, ini masih belum jelas, entah karena orang-orang tersebut minum lebih banyak air dan merasa kenyang atau karena jus lemon itu sendiri.

Itu dia beragam manfaat dari mengonsumsi air lemon di pagi hari. Kamu bisa mencoba selama satu bulan dan lihat perbedaannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *