6 Makanan Yang Bisa Bantu Cegah Atasi Perut Buncit

  • Whatsapp
6 Makanan Yang Bisa Bantu Cegah Atasi Perut Buncit
6 Makanan Yang Bisa Bantu Cegah Atasi Perut Buncit

Garisatu.com – Hampir semua orang membenci perut yang buncit. Sebaliknya, perut yang rata dan bebas dari lemak merupakan impian banyak orang. Lemak pada area perut juga bisa memicu peradangan yang merupakan penyebab dari penuaan dini dan berbagai penyakit.

Itu sebabnya mengapa perut buncit bisa membuat kita beresiko mengalami berbagai penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan juga stroke.

Bacaan Lainnya
6 Makanan Yang Bisa Bantu Cegah Atasi Perut Buncit

Riset telah membuktikan bahwa mengurangi lemak pada area belly juga bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Pada tahun 2019, riset yang diterbitkan di JAMA juga membuktikan wanita dengan berat badan ideal namun memiliki banyak lemak di perut beresiko mengalami kematian dini.

Namun jangan khawatir, meskipun belly buncit kerap susah untuk dihilangkan, ada berbagai cara yang bisa kita coba untuk menghempaskan lemak pada area perut ini. Bahkan kamu bisa menghempaskan lemak-lemak di belly dengan mengonsumsi makanan tertentu. Karena makanan makanan tertentu diyakini bisa membantu mengurangi lemak perut selain dengan berolahraga.

Dilansir dari laman Health, berikut jenis jenis makanan yang ampuh mengusir lemak pada bagian perut.

1.         Alpukat

6 Makanan Yang Bisa Bantu Cegah Atasi Perut Buncit

Buah alpukat kaya akan kandungan lemak baik, serat, antioksidan, vitamin dan mineral, termasuk didalamnya kalium, yakni mineral yang mendukung fungsi jantung dan membantu mengatur tekanan darah. Buah ini juga bisa berperan sebagai diuretik alami yang membantu mengeluarkan kelebihan natrium serta cairan tubuh.

Riset telah membuktikan bahwa buah alpukat mampu mengurangi jumlah lemak pada area perut. Di dalam riset ini meneliti 111 orang dewasa yang di bagi kedalam dua kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi satu buah alpukat segar setiap harinya sementara kelompok kedua mengonsumsi jumlah kalori yang sama dengan kelompok pertama, hanya saja tanpa buah alpukat.

Setelah tiga bulan, hasil riset menunjukkan kelompok yang rutin mengonsumsi buah alpukat mengalami pengurangan lemak pada area belly, namun tidak dialami oleh kelompok kedua.

2.         Kacang kacangan

6 Makanan Yang Bisa Bantu Cegah Atasi Perut Buncit

Kacang juga mengandung lemak sehat, protein, antioksidan, serat, serta beragam vitamin dan mineral. Kabar baiknya lagi, kacang juga mengandung banyak magnesium yang baik bagi kesehatan mental serta bisa meningkatkan kualitas tidur.

Banyak riset yang membuktikan orang yang teratur mengonsumsi kacang, termasuk kacang almond, kacang mede, atau kacang kenari memiliki indeks massa tubuh dan tekanan darah yang lebih rendah.

Mereka juga memiliki ukuran pinggang yang lebih kecil, yang merupakan indikator akumulasi lemak belly.

3.         Lentil

6 Makanan Yang Bisa Bantu Cegah Atasi Perut Buncit

Lentil merupakan kacang yang kaya akan mineral, vitamin, dan antioksidan serta serat. Dan juga ditambah lagi dengan bebas gluten. Pada satu cangkir lentil umumnya mengandung 14 gram serat baik itu serat larut maupun serat tidak larut, yang bisa membantu melancarkan pencernaan dan menurunkan kolesterol. Manfaat ini juga membantu untuk menurunkan kadar lemak pada area perut. Kacang lentil bisa membantu pergerakan usus supaya lebih teratur dan mencegah sembelit. Selain itu, mengonsumsi lentil juga bermanfaat untuk pertumbuhan bakteri yang sehat.

6 Makanan Yang Bisa Bantu Cegah Atasi Perut Buncit

4.         Biji bijian utuh

6 Makanan Yang Bisa Bantu Cegah Atasi Perut Buncit

Penelitian dari Dramingham Heart telah membuktikan manfaat biji-bijian utuh dalam menurunkan jumlah lemak perut. Riset yang melibatkan lebih dari 2.800 peserta itu membuktikan asupan biji-bijian membantu menurunkan lemak perut subkutan dan visceral. Namun, konsumsi biji-bijian olahan – seperti roti putih, nasi, dan pasta – dapat meningkatkan lemak perut.

5.         Salmon

6 Makanan Yang Bisa Bantu Cegah Atasi Perut Buncit

Vitamin D penting untuk sejumlah fungsi, termasuk kekebalan, membantu kepadatan tulang, dan meningkatkan kesehatan mental. Penelitian juga menunjukkan kadar vitamin D yang rendah dapat meeningkatan lemak tubuh total dan lemak perut visceral pada wanita, serta meningkatkan lemak perut visceral pada pria. Salmon adalah makanan yang kiaya akan vitamin D. Empat ons salmon mengandung vitamin D sekitar 80 persen dari rekomendasi asupan harian. Dengan mengonsumsi salmon, asupan vitamin D tubuh terjaga dan membantu kita menghempas lemak yang menumpuk di perut.

6.         Kiwi gold

6 Makanan Yang Bisa Bantu Cegah Atasi Perut Buncit

Kiwi gold adalah adalah buah yang mengandung sedikit kalori, tetapi kaya akan nutrisi. Cukup konsumsi dua buah kiwi gold per hari bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, energi, dan melancarkan pencernaan.

Kiwi jenis gold juga memiliki kandungan vitamin C, serat, rendah indeks glikemik, dan masih banyak lagi kandungan vitamin dan mineral lainnya. Kiwi gold juga mengandung serat larut dan tidak larut, yang dapat mendukung kesehatan pencernaan dan enzim alami actinidin, yang bisa membantu memecah protein dan mengontrol rasa lapar.

Buah ini bisa dikonsumsi pada pagi hari atau dijadikan camilan di antara waktu makan besar. Karena, di sela waktu itu, khususnya siang atau sore hari, tubuh butuh asupan gula agar tetap semangat dalam beraktivitas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *