6 Cara Mudah Membedakan Sayur Caisim Dan Pakcoy

  • Whatsapp
6 Cara Mudah Membedakan Sayur Caisim Dan Pakcoy
6 Cara Mudah Membedakan Sayur Caisim Dan Pakcoy

Garisatu.com – Berbicara mengenai sayur sayuran, memang ada beragam jenis saryuran sehingga membuat kita kesulitan dalam membedakan semuanya. Terlebih lagi untuk sayuran hijau yang memiliki warna dan daun yang terbilang hampir sama semuanya. Meskipun sama sama sayuran, masing masing dari mereka memiliki rasa dan cara pengolahan yang berbeda. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui perbedaanya supaya tidak salah dalam memilih.

Sayur yang cukup umum ditemukan pada masakan dan rentan tertukar ialah sayur caisim dan sayur pakcoy.

Bacaan Lainnya

Hingga kini masih banyak orang yang kebingungan dalam membedakan sayur caisim dan pakcoy karena kedua jenis sayuran ini memang sekilas tampak serupa.

Jika kamu termasuk salah satu orang yang masih bingung dalam membedakan sayur caisim dan pakcoy, kamu bisa melihat lima perbedaan dibawah ini sebagai panduan dalam membedakan kedua jenisa sayur ini.

1.         Bentuk dan tekstur

6 Cara Mudah Membedakan Sayur Caisim Dan Pakcoy

Perbedaan antara sayur caisim dan pakcoy yang pertama ialah sayur caisim memiliki tekstur yang halus, tidak berbulu, dan tidak mampu membentuk krop (telur).

Caisim juga memiliki tangkai daun yang panjang, langsing, serta berwarna putih kehijauan. Sedangkan bentuk daunnya cenderung lebar, memanjang, tipis, dan berwarna hijau.

Caisim pada umumnya lebih panjang dengan bentuk yang tegap. Sementara, pakcoy terlihat mirip seperti bentuk sendok yang melengkung, namun dengan daun yang lebar.

2.         Rasa

6 Cara Mudah Membedakan Sayur Caisim Dan Pakcoy

Jika dilihat dari segi rasa, keduanya memiliki rasa yang serupa. Sayur caisim memiliki rasa yang sedikit pahit namun teksturnya renyah dan segar Ketika dimakan.

Caisim merupakan jenis sayuran yang sering ditemukan di pasar. Biasanya, kamu akan menemukan syauran caisim pada semangkuk mie instan. 

Sementara pakcoy lebih terasa agak pahit dan biasanya disajikan sebagai isian pada menu sup.

3.         Olahan makanan dari sayur caisim dan pakcoy

6 Cara Mudah Membedakan Sayur Caisim Dan Pakcoy

Supaya lebih jelas, kita akan menjelaskan olahan olahan makanan apa saja yang menggunakan kedua jenis sayur ini.

Caisim dapat dikatakan sebagai jenis sayuran rumahan yang paling sering diolah, contohnya sebagai mi instan, mi ayam, bakso, atau menu sayuran. Sementara pakcoy lebih umum untuk menu-menu sup dan biasanya tersedia di restoran-restoran bertema all you can eat.

6 Cara Mudah Membedaka Sayur Caisim Dan Pakcoy

4.         Perbedaan batang

Bila dibandingkan antara sayur caisim dan pakcoy, pada umumnya batang pakcoy jauh lebih keras bila dibandingkan dengan batang dari tangkai caisim.

Hal ini yang membuat banyak orang akan membuang ujung tangkai pakcoy. Sebaliknya, bahkan tangkai batang caisim dapat ikut diolah karena tak keras.

5.         Kandungan nutrisi

Dalam 56 gram (1 cangkir) caisim terdapat 15 kalori, 2 gr protein, kurang dari 1 gr lemak, 3 gr karbohidrat, 2 gr serat, 1 gr gula, 9% vitamin A, 6% vitamin B6, 44% vitamin C, 8% vitamin E, dan 120% vitamin K.

6 Cara Mudah Membedakan Sayur Caisim Dan Pakcoy

Sedangkan dalam 100 gr pakchoy terdapat 13 kalori, 65 mg sodium, 252 mg potasium, 2,2 gr karbohidrat (termasuk gula dan juga serat), 1,5 gr protein, 89% vitamin A, 75% vitamin C, 10% kalsium, 4% zat besi, 10% vitamin B6, dan 4% magnesium.

6.         Manfaat keduanya

Baik caisim dan pakcoy memang memiliki manfaat yang baik bagi Kesehatan tubuh kita, namun ada beberapa manfaat berbeda yang bisa didapatkan dari caisim dan pakcoy.

Manfaat dari caisim antara lain:

6 Cara Mudah Membedakan Sayur Caisim Dan Pakcoy

–           Kaya akan vitamin

Caisim merupakan sayuran hijau yang kaya akan vitamin A, C, dan K yang sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh. Vitamin A dan C adalah antioksidan alami yang kuat melindungi tubuh dari radikal bebas, membantu memperkuat imunitas tubuh dan menjaga kesehatan penglihatan.

Sedangkan vitamin K sendiri berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang dan mampu mencegah kerusakan syaraf otak.

–           Kaya akan mineral, serat, dan protein

Caisim juga merupakan sumber mineral seperti zat besi, magnesium, kalsium, seng, kalium, selenium, mangan, folat, serta kaya akan protein dan serat sehingga baik untuk pencernaan dan penurunan kolesterol.

Asam folat juga sangat baik untuk mencegah cacat janin dan menjaga perkembangan janin agar tetap sehat.

–           Dapat mendetoksifikais tubuh

6 Cara Mudah Membedakan Sayur Caisim Dan Pakcoy

Serat dalam caisim dapat membantu detoksifikasi dalam tubuh, khususnya di dalam usus. Selain itu, caisim juga mengandung sulfur dan antioksidan sehingga sangat baik untuk detoksifikasi tubuh.

–           Mencegah kanker

Caisim merupakan sayuran hijau yang mengandung glucosinolate yang kemudian dikonversi ke isothiocyanate sehingga memiliki sifat antikanker.

Isothiocyanate tersebut juga berfungsi untuk mencegah peradangan dan mengurangi risiko stroke. Selain itu, kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dimiliki oleh caisim juga sangat tinggi sehingga akan sangat baik menurunkan risiko kanker.

–           Bersifat anti inflamasi

Caisim memiliki sifat antiinflamasi yang bisa mencegah peradangan kronis serta mengurangi risiko penyakit arthritis dan bengkak-bengkak lainnya.

Hal ini dikarenakan caisim memiliki kandungan vitamin K dan asam lemak omega-3 yang memperkuat sistem imun tubuh.

Sedangkan manfaat dari sayur pakcoy antara lain:

6 Cara Mudah Membedakan Sayur Caisim Dan Pakcoy

–           Baik bagi ibu hamil

Manfaat pakcoy yang pertama yaitu baik dikonsumsi bagi ibu hamil. Sebab, pakcoy memiliki kandungan folat yang berfungsi untuk membentuk sel darah merah dan mencegah anemia.

Folat juga berfungsi untuk mencegah terjadinya cacat, kelainan pembentukan otak, atau kelainan tulang belakang pada janin.

–           Baik bagi pencernaan dan bisa mengurangi kolestrol

Pakcoy memiliki kandungan serat pangan yang bisa melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh. Dalam saluran pencernaan, serat-serat yang terkandung dalam sayuran hijau yang satu ini akan mengikat asam empedu penyebab kolesterol, kemudian mengeluarkannya bersama kotoran.

Semakin tinggi konsumsi serat, maka akan semakin banyak pula lemak yang dikeluarkan oleh tubuh.

–           Baik untuk Kesehatan mata

Selain vitamin A, pakcoy juga mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin E pada sayuran hijau yang satu ini berfungsi sebagai antioksidan dan berperan baik untuk mencegah penuaan.

–           Baik untuk membantu proses pembekuan darah

Selanjutnya, setelah vitamin A dan E, pakcoy juga mengandung vitamin K yang sangat berguna untuk membantu proses pembekuan darah.

Vitamin K juga dapat membantu mencegah risiko penyakit jantung dan stroke, serta memiliki kemampuan untuk melindungi tulang dari osteoporosis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *