6 Anjuran Makanan Untuk Penderita Kolesterol

  • Whatsapp
6 Anjuran Makanan Untuk Penderita Kolesterol
6 Anjuran Makanan Untuk Penderita Kolesterol

Garisatu.com – Makanan anti kolesterol? Menikmati makanan yang memiliki cita rasa lezat memang bisa meningkatkan nafsu makan dan memanjakan perut. Namun makanan makanan ini tidak selalu sehat bahkan kebanyakan makanan enak bersifat kurang sehat. Begitu juga sebaliknya, makanan yang sehat tidak tentu memiliki cita rasa yang lezat.

Terkadang hal ini menjadi masalah ketika kita ingin mengonsumsi suatu makanan enak namun sifatnya kurang sehat bagi kesehatan.

Bacaan Lainnya

Sebut saja makanan yang lezat seringkali dikaitkan dengan kandungan lemak yang tinggi. Dan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi tidak dianjurkan.

Jika kamu mengonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi secara berlebihan atau terlalu sering, bisa memicu kegemukan dan meningkatkan kadar kolestrol didalam darah, yang kemudian bisa merambat menjadi serangan jantung.

Semakin banyak jumlah lemak jenuh yang dimakan, maka semakin tinggi juga kadar kolesterol didalam tubuh dan resiko terkena serangan jantun juga semakin besar.

Jika kita mengurangi konsumsi kadar lemak jenuh dalam makanan kita, maka kadar kolesterol tubuh akan menurun dalam jangka waktu 3-4 minggu.

6 Anjuran Makanan Untuk Penderita Kolesterol

Karena alasan ini, dalam merencanakan pola makan untuk mengurangi risiko arterosklerosis, siapa saja harus menyingkirkan makanan yang mengandung kadar lemak jenuh secara berlebihan.

Lemak jenuh banyak terdapat dalam minyak kelapa, keju keras, dan lemak hewani. Kadar lemak dalam setiap susunan menu tidak boleh lebih dari 30 persen energi total yang kita masukkan ke dalam tubuh.

Inilah satu-satunya cara untuk menurunkan kadar kolesterol darah.

6 Anjuran Makanan Untuk Penderita Kolesterol

6 Anjuran Makanan Untuk Penderita Kolesterol

Dilansir dari Buku Kolesterol: Care Your Self (2008) oleh dr.Sri Nilawati, SpKO dkk., lemak biasanya diserap oleh usus.

Agar proses ini bisa dilakukan, hati akan memproduksi kolesterol dan garam empedu. Garam empedu adalah produk tubuh yang sangat vital dalam penyerapan lemak dalam makanan.

Seperti diketahui, apabila kita mengonsumsi terlalu banyak lemak atau kelebihan berat badan, maka darah mengandung terlalu banyak kolesterol.

Berikut ini beberapa anjuran dalam memilih makanan yang mengandung kolesterol rendah yang cocok untuk dikonsumsi.

1.         Protein

6 Anjuran Makanan Untuk Penderita Kolesterol

Makanan yang mengandung protein dan rendah kolestrol bisa berupa ikan, ayam (hindari kulitnya), daging sapi tidak berlemak, kambing muda, sapi muda, dan kerang.

Sedangkan sumber protein yang harus dihindari ialah seperti daging sapi yang berlemak, kambing, babi, daging iga, jeroan, telur ikan, hati, jantung, ginjal, sosis, dendeng, sarden, dan sebisanya singkirkan lemak lemak yang terlihat dalam porsi makananmu.

2.         Produk susu

6 Anjuran Makanan Untuk Penderita Kolesterol

Sebagai pilihan yang rendah kolesterol. Kamu bisa memilih produk susu seperti susu skim atau susu berkadar lemak rendah, susu mentega, yoghurt berkadar lemak rendah, keju dengan kadar lemak rendah dan lebih baik lagi jika kadar lemaknya kurang dari 30%.

Sedangkan produk susu yang perlu dihindari ialah seperti susu murni, yoghurt berlemak, krim susu, keju krim, krim asam, keju yang mengandung lemak 45%, keju lunak yang berkadar lemak tinggi.

3.         Telur

6 Anjuran Makanan Untuk Penderita Kolesterol

Untuk pilihan rendah kolesterol, sebaiknya hindari mengonsumsi kuning telur dan konsumsi telur paling banyak yakni dua butir dalam satu minggu.

4.         Buah buahan dan sayuran

Diutamakan untuk memilih sayur yang masih segar, dan jika mungkin, kurangi konsumsi sayuran beku atau kalengan serta koktail.

5.         Roti dan produk biji bijian

Untuk pilihan rendah kolesterol, pilihlah roti yang mengandung lemak tidak jenuh. Atau kamu juga bisa memilih beberapa makanan seperti biscuit berkadar lemak rendah, nasi, pasta, kentang, roti gandum, dan emping jagung.

Sementara beberapa makanan yang harus dihindari seperti kue, termasuk kue tart, croissant, serta biscuit yang mengandung banyak lemak jenuh atau kadar lemaknya tinggi.

6.         Lemak dan minyak

Sebagai pilihan rendah kolesterol, pilihlah lemak nabati tidak jenuh seperti minyak jagung, minyak zaitun, minyak thistle, minyak kedelai, minyak biji bunga matahari, margarin nabati, dan minyak ikan.

Sementara jenis minyak yang lebih baik dihindari untuk dikonsumsi ialah mentega susu, margarin keras, krim selada, mayones, selada dengan bumbu mayones, bumbu selada yang mengandung kuning telur, kelapa atau minyak kelapa, dan cokelat.

Artinya, tidak berlebihan atau tidak kekurangan. Jika makanan yang tersedia hanya cukup untuk memenuhi keperluan bahan bakar saja, maka seluruhnya akan diserap dan dibakar untuk menghasilkan energi.

Tapi, apabila berlebihan akan disimpan dalam tubuh, terutama dalam bentuk lemak yang ditimbun dalam sel-sel jenuh lemak dan cairan darah.

Hal itu pun dapat menaikkan berat badan, kadar lemak, dan kolesterol dalam darah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *