5 Tips Memasak Ceker Ayam Supaya Empuk Dan Tidak Amis

  • Whatsapp
5 Tips Memasak Ceker Ayam Supaya Empuk Dan Tidak Amis
5 Tips Memasak Ceker Ayam Supaya Empuk Dan Tidak Amis

Garisatu.com – Sebagian masyarakat Indonesia cukup suka dengan bagian tubuh ayam yang satu ini. Yakni ceker ayam. Rasanya hampir seluruh bagian dari tubuh ayam bisa kamu olah menjadi sajian yang nikmat mulai dari usus, hati, ampela, kulit, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengolah ceker menjadi tumis ceker, dimsum, sup, sate ceker, hingga ceker goreng pedas yang terdengar menggiurkan.

Bahkan tidak hanya lazim ditemukan didalam kuliner Asia saja, kamu bisa menemukan ceker ini di  Eropa Timur, Afrika, Karibia, dan Amerika Latin.

Bacaan Lainnya

Meskipun ceker memiliki perawakan yang cukup ‘tidak enak’ untuk dipandang, namun didalamnya tetap terkandung berbagai nutrisi baik bagi tubuh dengan citarasa gurihnya itu.

Ceker bisa menjadi olahan yang enak jika dimasak dengan baik dan benar, sebaliknya, jika ceker tidak dimasak dengan baik maka akan menjadikan ceker tidak enak untuk dikonsumsi.

5 Tips Memasak Ceker Ayam Supaya Empuk Dan Tidak Amis

Ceker yang enak ialah yang memiliki tekstur empuk, kalua bisa hingga ke bagian tulang. Namun tidak semua orang bisa mengolahnya hingga empuk.

Maka, berikut ini kami akan membagikan tips bagaimana dalam mengolah ceker ala rumahan supaya tidak alot dan keras.

1.         Bersihkan, buang kuku, dan kuliti

5 Tips Memasak Ceker Ayam Supaya Empuk Dan Tidak Amis

Untuk mengonsumsi ceker maupun makanan lainnya hal pertama yang harus diperhatikan tentu saja kebersihannya.

Kita harus memastikan ceker sudah dalam keadaan bersih dengan sempurna. Kemudian, buang bagian kuku dengan menggunakan piasu maupun gunting.

Selanjutnya, rendam ceker ayam beberapa saat didalam air hangat supaya lebih mudah ketika mengulitinya nanti.

Lepaskan bagian yang kekuningan yang menempel pada ceker secara perlahan hingga tampak dagingnya yang berwarna putih kemerahan.

2.         Rebus dalam campuran garam dan perasan jeruk nipis

5 Tips Memasak Ceker Ayam Supaya Empuk Dan Tidak Amis

Rebuslah ceker ayam sekitar 1 jam dengan api kecil, serta campuran sedikit garam dan perasan jeruk nipis ke dalam rebusan air tersebut. Hal ini bertujuan untuk membuat ceker ayam bisa menjadi lebih empuk dan tidak amis lagi.

Jika kamu ingin menghemat waktu, kamu bisa menggunakan panci presto yang memiliki system pengaturan tekanan uap dan panas. Tunggu sekitar 10 menit supaya ceker ayam bisa menjadi lebih empuk.

5 Tips Memasak Ceker Ayam Supaya Empuk Dan Tidak Amis

3.         Tiriskan, buang air rebusan pertama

5 Tips Memasak Ceker Ayam Supaya Empuk Dan Tidak Amis

Selanjutnya, buang air rebusan tersebut. Jangan gunakan air tersebut sebagai kaldu karena aroma amis dari ceker ayam sekiranya masih tersisa.

Nah, sembari meniriskan ceker ayam, masaklah air hingga mendidih dengan api kecil, kemudian masukkan kembali ceker ayam yang sudah ditiriskan kedalamnya, lalu tunggu hingga 5 menit. Air rebusan kedua ini bisa kamu jadikan sebagai kaldu ceker.

4.         Goreng setengah matang, rendam dalam air es

5 Tips Memasak Ceker Ayam Supaya Empuk Dan Tidak Amis

Angkat dan tiriskan ceker ayam, lalu goreng setengah matang dengan minyak secukupnya. Berhati-hatilah terciprat minyak panas, sebab ceker ayam memang masih agak basah sesaat akan digoreng.

Selanjutnya, langsung masukkan ceker ayam ke dalam air es hingga dagingnya tampak mengembang. Pastikan semua bagiannya terendam, supaya daging ceker ayam tersebut menjadi lebih mekar dan tebal.

5.         Tiriskan dan bumbui sesuai sajian yang dimasak

5 Tips Memasak Ceker Ayam Supaya Empuk Dan Tidak Amis

Tiriskan sebentar supaya ceker tak malah terlalu lembek. Nah, ceker yang empuk pun dapat dimasak bersama bumbu-bumbu lain sesuai selera.

Untuk memastikan bau amisnya hilang, lumuri ceker dengan perasan air jeruk nipis sebelum diolah.

Itu dia beragam tips dalam mengolah ceker supaya tidak alot dan keras. Ada beberapa menu yang bisa kamu buat dari ceker, salah satunya ceker goreng tepung. Kamu bisa mengikuti langkah dibawah ini untuk membuatnya.

Ceker goreng tepung membutuhkan 10 buah ceker, 3 lembar daun salam. Untuk tepung basahnya membutuhkan 100 gr tepung terigu, 1 butir telur, 1 sdt baking soda, 1 sdt garam, 1/4 sdt merica bubuk, kaldu bubuk, dan 200 ml air.

Serta untuk tepung keringnya membutuhkan 200 gr tepung terigu, merica bubuk, dan kaldu bubuk.

Selanjutnya setelah ceker sudah dibersihkan, kukus ceker bersama daun salam selama kurang lebih 10 menit, sisihkan.

Buat adonan basah dari bahan-bahan diatas, lalu masukan ceker ke dalam adonan dan sisihkan. Buat adonan kering, aduk hingga merata.

Masukan ceker dalam adonan kering lalu guling-gulingkan. Goreng dalam minyak panas hingga kecokelatan. Angkat dan ceker siap disajikan. Selamat mencoba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *