5 Tips Dan Trik Merawat Jenggot Wajah Supaya Tampil Bagus

  • Whatsapp
5 Tips Dan Trik Merawat Jenggot Wajah Supaya Tampil Bagus
5 Tips Dan Trik Merawat Jenggot Wajah Supaya Tampil Bagus

Garisatu.com – Memiliki jenggot wajah bagi pria kerap dianggap lebih macho dan membuat sebagian wanita tergila gila, seperti contohnya saja selebriti terkenal Brad Pitt maupun David Beckham. Memiliki jenggot atau tidak juga kembali pada pria tersebut, bagi sebagian besar pria, jenggot mungkin merupakan hal yang penting, dan bagi sebagian lagi mungkin lebih menyukai tampilan tanpa jenggot.

5 Tips Dan Trik Merawat Jenggot Wajah Supaya Tampil Bagus

Bagi pria yang berjengot, tidak perduli tipis atau tebal jenggot yang dimiliki, hal yang terpenting ialah kerapihan dan kebersihan jenggot. Kualitas jenggot juga dipengaruhi oleh kulit wajah orang tersebut. Biasanya jenggot yang indah akan tumbuh pada kulit wajah yang lembab atau tidak teriritasi.

Bacaan Lainnya

Selain itu, hal yang menentukan penampilan anda ialah bagaimana cara anda menata jenggot. Ada tiga hal paling utama yang harus anda lakukan dalam merawat rambut di wajah anda, yakni focus pada bagian tepi, rapikan sesuai kebutuhan dan pemberian nutrisi pada kulit dan jenggot anda.

5 Tips Dan Trik Merawat Jenggot Wajah Supaya Tampil Bagus

Tiga hal ini tidak serumit dan seribet yang kamu pikirkan. Nah, untuk mempermudah anda, simaklah tips dan trik merawat jenggot dari Garet Pike pendiri No Club Barbershop dan juga Robert McMillen pendiri Mildred Barbershop.

Dengan mengikuti beberapa saran dibawah ini, dijamin tampilan jenggot anda akan semakin bagus dan tertata rapi.

1.         Menentukan garis leher

5 Tips Dan Trik Merawat Jenggot Wajah Supaya Tampil Bagus

Tidak menjadi masalah jika anda tidak mencukur dengan benar jenggot yang berada pada area garis leher anda. Mencukur bagian jenggot pada area garis leher memang rawan terjadi kesalahan. Sebagian orang malah sengaja membiarkan rambut pada area ini tumbuh.

Namun, jika anda ingin mencukur atau sekedar merapikannya dengan benar, McMillen menyarankan anda untuk menggunakan jari telunjuk dan jari tengah, lalu letakkan diatas jakun anda untuk menentukan garis dasar jenggot.

Cara ini akan sangat membantu untuk menentukan garis dari titik lurus di leher dengan alat cukur yang anda gunakan. Setelah itu, anda bisa kembali merapikannya.

2.         Merapikan jenggot pada area garis leher

5 Tips Dan Trik Merawat Jenggot Wajah Supaya Tampil Bagus

Untuk merapikan jenggot wajah yang tumbuh pada area garis leher ini, tukang cukur biasanya akan memangkas sedikit rambut kepala anda yang ikut tumbuh di dekat area ini.

Biasanya, mereka akan memangkasnya dengan pisau cukur ke bagian sisi atas, hal ini juga bisa kamu lakukan sendiri.

Pike mengatakan supaya pria menentukan 1 titik tumpu atau garis tepi sebelum memangkas jenggot, setelahnya, pangkas sekiranya 2,5 sentimeter dan jangan terlalu banyak dan lebat ketika memangkasnya.

Pike mengatakan, cara ini akan membentuk gradasi, setelah itu anda bisa memangkas ke garis tepi yang anda buat secara perlahan untuk membuat gradasi yang lebih bagus.

Kamu pun akan mendapatkan efek gradasi yang akan membuat jenggot wajah tampak penuh dan garis leher anda terlihat rapi.

3.         Pastikan wajah rileks ketika mencukur jenggot

5 Tips Dan Trik Merawat Jenggot Wajah Supaya Tampil Bagus

McMillen juga mengatakan bahwa kumis juga menjadi hal penting yang tidak boleh luput dari perhatian pria ketika merawat jenggot wajah.

Kunci sukses dalam mencukur jenggot wajah menurut McMillen ialah menjaga ‘wajah normal’ ketika selama proses mencukur.

Wajah yang rileks ketika bercukur juga menjamin keindahan dan kerapian kumis. Untuk merapikan kumis ini,

Pike menyarankan supaya anda menggunakan gunting kumis non elektrik untuk mendapatkan hasil yang lebih alami. Selain itu, anda juga membutuhkan sisir kecil.

Millen menyarankan supaya anda menyisir kumis dengan Gerakan lurus ke bagian bawah untuk menentukan seberapa panjang ukuran kumis yang perlu di pangkas.

Setelah menentukan panjangnya, ukuran bisa dikurangi dengan menyisir rambut dari wajah dan melepaskan lapisan atas. Sisir dan gunting adalah trik yang harus anda lakukan, tambah McMillen.

5 Tips Dan Trik Merawat Jenggot Wajah Supaya Tampil Bagus

4.         Jangan lupakan perawatan kulit

5 Tips Dan Trik Merawat Jenggot Wajah Supaya Tampil Bagus

McMillen mengatakan bahwa beberapa pria menganggap kegiatan mencukur sebagai ‘pekerjaan’ bukan proses. Beberapa orang mungkin berpikir

‘Saya perlu menghapus rambut ini’ dan bukan ‘Saya harus menjaga kesehatan kulit saya’. Inilah yang kerap mengakibatkan iritasi, infeksi dan luka saat mencukur.

McMillen mengatakan agar meluangkan waktu untuk mencukur rambut di sekitar jenggot wajah, sama seperti Anda merawat wajah Anda.

McMillen juga menyarankan agar Anda perlu memastikan pori-pori terbuka terlebih dahulu sebelum mencukur dan menutup pori-pori dengan benar dan memastikan kulit anda dalam keadaan bersih untuk menghindari iritasi.

Cara ini bsa Anda lakukan dengan mengkompres wajah menggunakan air hangat dan mengkompres kembali dengan air dingin sesudah mencukur.

5.         Gunakan minyak jenggot atau beard balm

McMillen menyarankan kaum pria untuk menggunakan minyak janggut atau balsem jenggot wajah. Namun, Anda harus memahami kapan saatnya menggunakan kedua produk lelaki ini.

“Minyak jenggot bertindak sebagai pelembab dan zat pendingin yang bisa membantu merangsang pertumbuhan dan mengobati jenggot Anda serta kulit di bawahnya,” katanya.

“Di sisi lain, beard balm adalah produk yang bisa membantu menambahkan volume dan bentuk pada jenggot Anda, seklaigus bisa menghilangkan bau dan membantu mempertahankan kelembaban,” tambahnya.

Jadi, meski keduanya bisa menyehatkan jenggot, kedua produk tersebut memiliki khasiat yang berbeda. Minyak jenggot berfungsi untuk melembutkan jenggot dan menghidrasi kulit.

Sementara beard balm untuk menata dan melindungi rambut dari faktor lingkungan dan dehidrasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *