5 Tanda Dan Ciri Ban Mobil Perlu Diganti

  • Whatsapp
5 Tanda Dan Ciri Ban Mobil Perlu Diganti

Garisatu.comBan mobil merupakan bagian penting dalam mobil. Maka sangat penting untuk kita sebagai pengguna mobil untuk selalu memperhatikan kendaraan kita termasuk ban.

Ban yang rusak akan sangat berbahaya bagi pengendara. Oleh sebab itu ban perlu diperhatikan agar berkendara tetap nyaman dan aman. Kalian dapat dengan mudah mengetahui ciri-ciri ban yang perlu diganti.

Tanda Ban Mobil Perlu Diganti

Menipis

5 Tanda Dan Ciri Ban Mobil Perlu Diganti 2

Perhatikan tanda ban/tread wear indicator (TWI). TWI ini menunjukan batas keausan pada ban. TWI ini simbol berbentuk segitiga atau persegi.

TWI berada diantara permukaan ban, jika ban sudah mendekati atau menyamai indikator TWI maka sebaiknya ganti ban yang baru. Bila tetap dipaksakan maka ban akan mengalami kekurangan fungsinya.

Sobek

5 Tanda Dan Ciri Ban Mobil Perlu Diganti 3 1

Ciri ban yang harus diganti berikutnya adalah adanya sobekan akibat benda tajam di bagian dinding. Sekali pun sebenarnya masih cukup tebal, ban yang sudah sobek tidak bisa diperbaiki sehingga jelas perlu diganti dengan ban baru.

Ban “Benjol” Atau Ada Tonjolan

5 Tanda Dan Ciri Ban Mobil Perlu Diganti 4 1

Kondisi ban yang “benjol” sangat tidak disarankan untuk tetap dipakai, karena ban yang “benjol” dapat menyebabkan benang kawat baja didalam karet ban menjadi sangat muduh putus. Oleh karena itu ban mobil yang mengalami kondisi seperti ini sebaiknya cepat-cepat diganti baru, karena dapat pecah sewaktu-waktu.

Banyak Retakan Halus

5 Tanda Dan Ciri Ban Mobil Perlu Diganti 6 1

Ban kendaraan juga harus diganti apabila kita menemukan retakan halus pada permukaannya. Retakan yang membuat ban tampak ‘pecah-pecah’ menunjukkan terjadinya penurunan kualitas. Biasanya retakan ban terjadi karena terlalu lama terkena sinar matahari.

Ban Sering Bocor Dan Banyak Tambalan

5 Tanda Dan Ciri Ban Mobil Perlu Diganti 5

Ban bocor memang sangat sulit untuk dihindari karena kondisi jalan yang tidak kita ketahui. Maka dari itu ban yang terlalu sering bocor dan ditambal akan membuat kekuatan ban untuk menahan beban akan berkurang dan berpotensi untuk mengalami kebocoran seketika.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *