5 Perbedaan Waffle Dan Pancake Yang Harus Kamu Tahu

  • Whatsapp
5 Perbedaan Waffle Dan Pancake Yang Harus Kamu Tahu
5 Perbedaan Waffle Dan Pancake Yang Harus Kamu Tahu

Garisatu.com – Pernahkah kamu mendengar panekuk atau pancake ? Pancake atau panekuk merupakan kue dadar yang terbuat dari tepung terigu, telur ayam, gula, dan juga susu. Bahan bahan tersebut kemudian dicampur dengan air dan membentuk adonan kental, kemudian digoreng diatas wajan datar yang telah diolesi sedikit minyak atau mentega.

Selain pancake, ada juga waffle yang menjadi ‘kembarannya’. Keduanya menjadi menu yang simple dan digemari oleh banyak orang karena bahan bahannya tidak terlalu banyak dan mudah untuk dipraktikkan, cocok untuk dijadikan sarapan, maupun cemilan.

Bacaan Lainnya
5 Perbedaan Waffle Dan Pancake Yang Harus Kamu Tahu

Kini pun ada momen istimewa yang disebut sebagai pekan waffle pada tanggal 6-12 September.

Karena bahan keduanya yang hampir sama, jangan sampai kamu salah resep saat membuatnya. Keduanya punya tekstur yang berbeda karena metode mengolahnya juga berbeda.

Yuk, ketahui terlebih dahulu perbedaan waffle dan pancake sebelum membuatnya.

1.         Bahan yang digunakan

5 Perbedaan Waffle Dan Pancake Yang Harus Kamu Tahu

Bahan yang digunakan untuk waffle dan pancake memang hampir sama. Hanya saja memiliki rasio atau takaran yang berbeda.

Keduanya terdiri dari tepung terigu protein sedang, baking soda, gula, garam, telur, mentega, dan juga susu cair.

Pada waffle, adonanya mengandung gula yang lebih tinggi (untuk proses karamelisasi) dibandingkan dengan pancake.

5 Perbedaan Waffle Dan Pancake Yang Harus Kamu Tahu

Waffle juga cenderung lebih banyak menggunakan mentega atau lemak, dan terkadang juga menambahkan esktrak vanilla. Tetapi ada juga yang menambahkan ekstrak vanilla pada pancake jika mau.

2.         Metode pengolahan

Pada bagian awal pengolahan, adonan waffle dibuat dengan mencampur bahan kering bersama sama terlebih dahulu, kemudian baru menggabungkan semua bahan basah terkecuali putih telur.

Putih telur akan dikocok sendiri hingga berbusa, baru kemudian dimasukkan kedalam adonan lain dan diaduk bersama. Dengan cara ini maka adonan waffle akan memiliki konsistensi yang berbusa.

5 Perbedaan Waffle Dan Pancake Yang Harus Kamu Tahu

Kemudian untuk proses memasaknya, waffle dimasak dalam waffle iron atau pencetak waffle. Alat ini memiliki dua sisi dengan motif tertentu yang dipasang seperti dua piring panas.

Kemudian adonan akan dituangkan ke satu sisi, kemudian ditutup dan dibalik supaya adonan bisa menyebar merata bagian atas dan bawah. Teknik dan alat ini kemudian akan memberikan hasil waffle yang terbentuk sempurna.

Sedangkan pada pancake, pancake tidak memerlukan peralatan memasak yang khusus, siapa pun bisa membuat pancake dengan menggunakan wajan sederhana.

Kamu cukup menuangkan adonan pancake di atas wajan panas yang sudah diberi minyak. Kemudian tunggu hingga salah satu sisi matang, lalu balik sehingga kedua sisi bisa matang sempurna berwarna keemasan.

5 Perbedaan Waffle Dan Pancake Yang Harus Kamu Tahu

3.         Tekstur

5 Perbedaan Waffle Dan Pancake Yang Harus Kamu Tahu

Pancake memiliki warna coklat keemasan pada bagian permukaan luar kulitnya, dengan tekstur yang empuk, lembut, dan juga mengembang. Sedangkan waffle cenderung renyah dibagian luar dan lebih ringan dibandingkan dengan pancake.

Keduanya sama sama bisa diberikan topping seperti eskrim. Jika diberi topping eskrim, maka pancake akan menyerap semuanya sehingga teksturnya menjadi lembut dan lembab. Ini sangat berbeda dengan waffle karena waffle tidak akan berubah teksturnya walaupun diberi topping yang lembab.

4.         Nutrisi

5 Perbedaan Waffle Dan Pancake Yang Harus Kamu Tahu

Jika dibandingkan dengan pancake, waffle memiliki lebih banyak kalori, total lemak, kolestrol, karbohidrat, dan protein (karena adonan bahan keduanya).

Ini disebabkan adonan waffle mengandung lebih banyak mentega atau minyak dibandingkan adonan pancake. Maka jika dibandingkan, pan cake memiliki jumlah kalori yang lebih rendah. Kalori dalam waffle dipercaya sekitar 291 kkal, dan pan cake sebesar 227,1 kkal.

5.         Asal usul

5 Perbedaan Waffle Dan Pancake Yang Harus Kamu Tahu

Waffle adalah salah satu kudapan yang membuat negara Belgia terkenal, selain dari cokelat. Istilah Belgian waffle atau waffle khas Belgia, mungkin tidak asing atau pernah kita dengar sebelumnya.

Namun, tak hanya Belgian waffle jenis lain dari waffle juga ada yang bernama waffle Brussel yang berbentuk persegi.

Waffle Brussel biasanya disajikan di banyak negara dengan barbagai macam topping manis sebagai sajian sarapan.

Ada pula waffle Liege, yaitu masih “sepupuan” dengan waffle Brussels dengan bentuk oval. Perbedaan dua waffle ini terlihat dari bentuknya, waffle brussels berbentuk persegi dengan lubang-lubang sempurna serta adonan yang mengembang.

5 Perbedaan Waffle Dan Pancake Yang Harus Kamu Tahu

Sementara waffle Liege terlihat lebih tipis dengan adonannya dibuat dari adonan brioche dan ditambahkan potongan gula karamel, sehingga rasa waffle Liege lebih kaya dan lengket di bagian dalam.

Sedangkan pan cakes berasal dari masyarakat Romawi kuno. Kue dengan bentuk gepeng ini pada awalnya dikenal dengan nama Alita Dolcia (makanan manis).

Dan seiring dengan perkembangan jaman, pan cakes mulai masuk ke berbagai penjuru dunia dengan penyajian yang berbeda beda, misalnya pan cakes di Perancis yang berbentuk tipis disebut crepes dan galettes yang lebih tebal dan mengembang seperti bentuk roti.

Sementara itu, di Jerman pan cake memiliki bentuk yang lebih padat dan terbuat dari bahan dasar kentang (pfannkuchen).

Di Irlandia, pan cake memiliki tekstur padat dan terbuat dari kentang yang dikenal dengan sebutan boxtry. Skotlandia juga tidak ketinggalan dengan pan cake drop scones-nya.

Di Amerika, pan cakenya dikenal dengan nama nokehick yang terbuat dari adonan lembut yang dibuat dengan tangan berbahan dasar jagung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *