5 Perbedaan Scuba Diving Dan Free Diving

  • Whatsapp
5 Perbedaan Scuba Diving Dan Free Diving
5 Perbedaan Scuba Diving Dan Free Diving

Garisatu.com – Sebelum hadirnya wetsuit, tangka oksigen, fin, serta berbagai alat peralatan menyelam lainnya, manusia yang ingin menjelajah atau mengeksplorasi lautan dan kehidupan didalam laut harus bisa menahan nafas untuk waktu yang cukup lama. Kala itu, menyelan tanpa peralatan (free diving) dilakukan untuk mencari spons.

Berbeda dengan sekarang, orang orang bisa lebih mudah melakukan aktivitas menyelam tanpa harus menahan nafas terlalu lama didalam air.

Bacaan Lainnya

Berbagai teknologi ditemukan untuk mempermudah kita dalam mengeksplorasi laut beserta isi isinya.

Tetapi masih ada beberapa orang yang menyukai aktifitas free diving atau diving tanpa mengenakan peralatan apa apa.

Padahal, kegiatan ini bisa terbilang lebih beresiko dibandingkan dengan scuba diving (diving dilengkapi dengan peralatan lengkap).

5 Perbedaan Scuba Diving Dan Free Diving

Mengapa demikian? Selain terdapat perbedaan yang mencolok seperti dengan atau tanpa penggunaan tangka oksigen, ada pula beberapa perbedaan antara scuba diving dan free diving yang wajib kamu ketahui.

1.         Scuba diving memberikan pengalaman observasi yang lebih baik

5 Perbedaan Scuba Diving Dan Free Diving

Aktifitas free diving, seperti yang tergambar dari namanya, penyelam bisa bergerak lebih leluasa dan bebas dibandingkan dengan scuba diving.

Tentu saja tanpa penggunaan tangki udara, penyelam bisa bergerak lebih cepat untuk mengejar ikan ataupun biota didalam laut.

Ditambah juga, dikarenakan freediver (orang yang melakukan free diving) menahan nafas, ikan tidak akan merasa takut atau terancam oleh gelembung udara yang keluar dari mulut.

Namun, berkat adanya tangki udara, scuba diver bisa bertahan lebih lama dibawah air untuk mengamati kehidupan bawah laut.

Ini memberikan keuntungan tersendiri bagi scuba diver. Sebab, semakin dalam kita menyelam, maka akan semakin sedikit cahaya matahari yang masuk.

Dan didalam keadaan gelap, iris mata akan membesar untuk menyerap lebih banyak cahaya. Penyelam bebas tidak mengalami ini karena mereka tidak cukup lama di bawah air.

Jadi, terumbu karang yang dilihat oleh freediver dan scuba diver bisa memberikan kesan yang berbeda.

2.         Scuba diver bisa mengeksplorasi lebih jauh

5 Perbedaan Scuba Diving Dan Free Diving

Mengeksplorasi pemandangan dibawah laut merupakan salah satu kenikmatan dari kegiatan menyelam yang tidak tertandingi.

Terdapat berbagai misteri yang tidak ketahui dan juga keindahan laut dibalik bangkai bangkai kapal serta gua dan lembah laut.

Dalam hal kebebasan mengeksplorasi bagian laut ini, mungkin penyelam scuba akan lebih unggul karena kemampuannya yang bisa menyelam lebih dalam dan lebih lama.

Meski begitu, seorang free diver bisa lebih lincah dibawah laut, dan bergantung juga pada kemampuan menahan nafasnya, seorang free diver bisa mengeksplorasi arsitektur dibawah laut dengan bebas.

Selain itu, untuk dapat mengeksplorasi laut, freediver hanya perlu sertifikasi freediver pemula sementara penyelam skuba harus mendapatkan sertifikat yang lebih tinggi untuk melakukan aktivitas yang sama.

5 Perbedaan Scuba Diving Dan Free Diving

3.         Free diver bisa bersosialisasi diantara penyelaman

5 Perbedaan Scuba Diving Dan Free Diving

Untuk alasan keselamatan, aktifitas free diving harus ditemani oleh seorang pendamping. Meksi begitu, ini memberikan nilai tambah dalam aspek sosiabilitas.

Seorang penyelam bebas biasanya hanya bertahan beberapa menit dibawah air. Ketika kembali ke permukaan, ia bisa berbincang bincang dengan rekannya mengenai apa yang ditemukan dibawah laut.

Sedangkan hal ini tidak dapat dilakukan oleh penyelam scuba. Bukan hanya karena mereka tidak dapat berbicara didalam air, tetapi karena pengalaman yang dirasakan penyelam scuba dalam satu waktu, dilokasi yang sama, biasanya sama saja.

4.         Fokus vs kontemplasi

5 Perbedaan Scuba Diving Dan Free Diving

Ketika melakukan scuba diving, seorang penyelam harus benar benar fokus. Yang berarti kedalaman, waktu menyelam, persediaan udara, dan berbagai hal lainnya harus diperhatikan dengan seksama.

Pikiran dari seorang scuba diver juga aktif terus menerus, bereaksi terhadap apa yang ia lihat dan rasakan.

Poin ini cukup berbeda dengan freediving. Perasaan ‘awareness’ yang dirasakan oleh seorang free diver biasanya hanya terfokus pada dirinya saja.

Bisa dibilang, dalam hal ini, scuba diver menyelam untuk melihat sesuatu atau mengamati sesuatu sementara freediver menyelam untuk menemukan dirinya sendiri.

5.         Tantangan dan pencapaian

Dalam hal tantangan dan pencapaian, scuba diving dan freediving juga berbeda. Jika seseorang sudah menguasai semua kemampuan yang diperlukan untuk scuba diving, bisa dikatakan pekerjaannya sudah selesai.

Sekarang, ia hanya perlu mempraktikkannya di lokasi selam lainnya. Menikmati pengalaman dari kemampuan yang telah ia asah.

Lain dengan freediving. Penyelam bebas punya banyak sekali cara untuk meningkatkan kemampuan dan pengalamannya.

Ini memberikan tantangan tersendiri bagi freediver. Dalam aspek ini, ada sisi kompetitif dalam freediving. Bukan bersaing dengan penyelam lain, tetapi bersaing dengan diri sendiri.

Freediver biasanya berjuang untuk memecahkan rekornya sendiri tentang kedalaman yang ditempuh, durasi di dalam air, dan berbagai hal lainnya.

Itu dia 5 poin yang membedakan scuba diving dengan free diving yang perlu kamu ketahui.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *