5 Perbedaan Gula Merah Dan Gula Aren

  • Whatsapp
5 Perbedaan Gula Merah Dan Gula Aren
5 Perbedaan Gula Merah Dan Gula Aren

Garisatu.com – Untuk menambah cita rasa manis pada makanan dan minuman, kita sering menggunakan gula. Gula yang beredar di pasaran pun memiliki banyak jenis dan fungsi yang berbeda beda. Biasanya yang digunakan dalam masakan, teh, kopi, kebanyakan ialah gula pasir.

Tetapi selain gula pasir, ada juga gula merah, gula jawa, dan gula aren.

Bacaan Lainnya

Ketiga jenis gula ini banyak mengundang rasa penasaran masyarakat karena sekilas tampak mirip, bahkan ada yang mengira bahwa ketiganya sama.

Padahal mereka hanya sama dalam hal bentukannya saja. Jika diperhatikan lebih detail, warna hingga kegunaan jenis jenis gula ini sangatlah berbeda.

5 Perbedaan Gula Merah Dan Gula Aren

Pertama,  gula jawa disebut juga dengan gula merah, sedangkan gula aren disebut juga dengan gula nira.

Dan sekarang, kita akan membahas antara gula merah dan gula aren.

1.         Warna

5 Perbedaan Gula Merah Dan Gula Aren

Gula merah sesuai dengan Namanya, memiliki warna yang lebih merah dibandingkan dengan gula aren. Gula aren memiliki warna yang lebih pekat dan gelap.

2.         Rasa dan tekstur

5 Perbedaan Gula Merah Dan Gula Aren

Perbedaan selanjutnya ialah membahas rasa dan tekstur diantara kedua jenis gula ini.

Tekstur gula aren cenderung lebih empuk sehingga membuat gula aren lebih mudah untuk dihaluskan dibandingkan dengan gula merah yang memiliki tekstur lebih keras.

Perbedaan ini bisa kita sadari dan ketahui ketika sedang memegang sisi permukaan keduanya.

Selanjutnya membahas soal rasa, gula merah memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan aroma yang jauh berada dibawah gula aren.

Yang berarti gula aren memiliki aroma yang lebih pekat dan kuat, dan juga gula aren memiliki rasa dan aroma yang lebih special dan juga unik daripada gula merah.

Aroma nira yang kuat menjadi ciri khas dari gula aren.

3.         Bahan dasar dan cara pembuatan

5 Perbedaan Gula Merah Dan Gula Aren

Baik gula aren dan gula jawa sama-sama terbuat dari nira atau legen, yaitu cairan manis yang keluar dari tandan bunga.

Bedanya, gula jawa berasal dari nira pohon kelapa, sedangkan gula aren berasal dari nira pohon aren.

Didalam proses pembuatannya, gula aren biasa dicetak menggunakan batok kelapa dengan bentuk yang pipih dan bundar, biasanya gula ini juga mendapatkan penambahan bahan lain seperti gula pasir.

Sedangkan gula merah dibuat dengan bahan dasar nira pohon kelapa yang merupakan cairan manis yang berasal dari proses penyadapan batang tanaman pada tumbuhan jenis palem seperti kurma, aren, sagu, dan kelapa.

Nira tersebut kemudian akan diolah dengan cara direbus hingga berbentuk seperti caramel dan pada akhirnya dicetak atau dibentuk hingga menyerupai silinder dan berbentuk se3perti batok kelapa.

Perbedaan Gula Merah Dan Gula Aren

4.         Kegunaan dan manfaat yang berbeda

5 Perbedaan Gula Merah Dan Gula Aren

Karena aroma pada gula aren cenderung lebih pekat dan lebih kuat, ini membuatnya kerap kali digunakan sebagai pemanis pada minuman ataupun makanan.

Jika anda pernah membeli atau mencoba minuman cendol atau dawet, gula aren lah yang berperan penting sebagai campurannya lantaran memiliki warna yang lebih menarik ketika disatukan dengan santan.

Sedangkan gula merah umumnya dijadikan campuran makanan-makanan tradisional antara lain seperti masakan semur, pembuatan kecap hingga gudeg.

Sebab mengingat gula jawa memiliki warna serta aroma yang tak begitu kuat sehingga tidak banyak memengaruhi rasa makanan.

5.         Jenis jenis gula lain

Tak hanya ada gula aren dan gula merah, namun ternyata ada juga gula yang memiliki tampilan yang serupa.

Gula-gula ini pun bahkan dinilai lebih sehat dikonsumsi jika dibandingkan dengan gula pasir.

Salah satu gula tersebut adalah brown sugar yang terbuat dari batang tebu, gula ini memiliki aroma dan rasa karamel khas.

Selanjutnya ada gula palem yang merupakan gula berbahan dasar nira batang palem.

Memiliki aroma yang sangat wangi serta bentuknya sendiri hampir menyerupai gula pasir namun warnanya agak kecokelatan, gula ini kerap kali digunakan untuk campuran kue tradisional bahkan kue modern. \

Itulah perbedaan seputar gula aren dan gula merah yang masih sulit dibedakan.

Semoga selepas membaca artikel ini, kita lebih bisa cermat dalam membedakan jenis jenis gula tersebut dan memahami manfaat serta kegunaannya dengan baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *