5 Buku Yang Wajib Dibaca Sekali Dalam Seumur Hidup

  • Whatsapp
5 Buku Yang Wajib Dibaca Sekali Dalam Seumur Hidup
5 Buku Yang Wajib Dibaca Sekali Dalam Seumur Hidup

Garisatu.com – Apakah kamu termasuk orang yang gemar membaca buku? Meskipun terdengar kuno dan membosankan, namun sejujurnya membaca buku itu sangat bermanfaat bagi kita lho. Tentu kamu harus membaca buku yang tepat dan wajib dibaca sepanjang masa. Manfaat manfaat yang bisa kita dapat dari membaca buku selain menambah wawasan antara lain seperti meningkatkan daya ingat, meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, menurunkan resiko stress dam depresi, menghibur, dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Kamu tentu tidak jarang mendengar pernyatan bahwa orang sukses rata rata gemar membaca buku bukan? sebab dari buku buku yang kita baca kita bisa mempelajari sangat banyak hal, terutama buku buku motivasi, atau buku buku pengetahuan lainnya.

Berikut ini ada rekomendasi 5 buku yang wajib kamu baca setidaknya sekali dalam seumur hidup. Penasaran buku apa saja? yuk simak dibawah ini ya!

Bacaan Lainnya

1. To Kill a Mockingbird oleh Harper Lee 

Buku ini merupakan sebuah novel karangan Harper Lee yang diterbitkan pad tahun 1960. Penulisan novel ini didasari pada pengamatan yang dilakukan penulis terhadap keluarga dan tetangga tetangganya serta kejadian kejadian yang terjadi disekitarnya pad atahun 1936 dimana penulis masih berumur 10 tahun.

Menarik bukan? Novel ini terkenal karena bahasanya yang hangat dan penuh humor sekalipun isu-isu yang dibahas merupakan isu serius seperti pemerkosaan dan diskriminasi ras.

5 Buku Yang Wajib Dibaca Sekali Dalam Seumur Hidup

Buku ini telah medapatkan banyak penghargaan seperti memenagkan hadiah Pulitzer pada tahun 1961, telah ditinjau ulang oleh setidaknya 30 koran dan majalah, dinobatkan menjadi peringkat teratas dalam daftar “buku yang wajib dibaca seseorang sebelum ia meninggal” (“every adult should read before they die”).

Buku ini akan membawa pembaca untuk memahami perilaku manusia mulai dari cinta, kebencian, humor, kesedihan, dan kebaikan dengan penuh kasih, dramatis, dan sangat mengharukan. Buku ini telah terjual lebih dari 18 juta salinan hingga diterjemahkan ke dalam 40 bahasa, buku ini sayang untuk dilewatkan!

2. 1984 oleh George Orwell 

Nineteen eighty four atau 1984 merupakan buku karya George Orwell yang diterbitkan pada tahun 1949 dan Sebagian besar kisah buku ini ditulis pada tahun 1948. Buku ini menceritakan visi Orwell mengenai keadaan di dunia pada tahun 1984, dalam masa kekuasaan suatu rezim yang mengamati setiap tingkah laku warga negaranya hingga tidak ada satu tempat pun yang lolos dari pengamatan, termasuk kamar tidur sendiri.

Buku 1984 yang wajib dibaca ini akan membawa pembaca berimajinasi ke karakter Winston Smith berjuang menjadi seorang manusia di mana cinta, individualitas dan berkehendak bebas adalah hal yang terlarang.

5 Buku Yang Wajib Dibaca Sekali Dalam Seumur Hidup

Bukan hanya menjadi buku klasik yang populer saja, buku 1984 bahkan menjadi bacaan wajib dibaca di sekolah-sekolah hingga sekarang, lho. 

5 Buku Yang Wajib Dibaca Sekali Dalam Seumur Hidup

3. The Catcher in the Rye oleh by J.D. Salinger

The Catcher in the Rye merupakan novel klasik karya JD Salinger yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1951 dan sangat wajib dibaca. Buku ini menceritakan kisah seorang pemuda yang bernama Holden Caulfield, seorang remaja berusia 16 tahun yang pulang ke rumah setelah diusir dari sebuah sekolah lanjutan swasta eksklusif.

Alih-alih langsung pulang ke rumah, Holden naik kapal mengembara dan berpikir tentang apa yang akan dikatakannya pada keluarganya, serta bagaimana yang terbaik untuk menghadapi jika suatu saat dikeluarkan dari sekolah. Sudut pandang dalam cerita ini adalah orang pertama tunggal.

5 Buku Yang Wajib Dibaca Sekali Dalam Seumur Hidup

Buku ini sangat wajib dibaca mengandung banyak kata yang tidak senonoh, dan banyak orang yang tidak menyukai buku ini dan juga buku ini dilarang di banyak tempat. Namun, orang lain memandang kata-kata tersebut sebagai ekspresi Caulfield atas rasa frustrasinya akan kehidupan.

Banyak orang muda, khususnya anak-anak, menghubungkan cerita ini dan bahasanya, dan merasakan bahwa Caulfield akan memahami mereka jika ia mengenal mereka. Atas alasan ini, banyak sekolah yang mendorong muridnya membaca buku ini. Novel ini meraih berbagai nominasi buku terbaik. Buku ini menjadi buku wajib untuk setiap anak remaja!

4. The Kite Runner oleh Khaled Hossein

Buku ini ialah sebuah novel karya Khaled Hosseini, seorang yang berkebangsaan Afghanistan-Amerika Serikat. Novel ini diterbitkan pada tahun 2003 dan telah diterbitkan menjadi film layar lebar dengan judul yang sama pada tahun 2007.

Novel The Kite Runner bercerita tentang seorang anak laki-laki dari distrik Wazir Akbar Khan di Kabul bernama Amir, dan putra seorang pelayan hazara dirumahnya yang menjadi sahabatnya, Hassan.

5 Buku Yang Wajib Dibaca Sekali Dalam Seumur Hidup

Novel ini menceritakan seputar kekisruhan situasi pemerintahan di Afghanistan pasca jatuhnya monarki Afghanistan dalam invasi Soviet, eksodus pengungsi ke Pakistan dan Amerika Serikat, serta munculnya rezim Taliban.

Buku ini memiliki latar belakang di sebuah negara yang indah meski dalam proses penghancuran. Dan tidak hanya membahas soal persahabatan, tapi juga pengkhianatan, cinta, keluarga, pengorbanan dan kebohongan. Kite Runner menjadi buku yang dicintai orang sepanjang masa dan wajib dibaca sekali seumur hidup.

5. The Color Purple oleh Alice Walker

Buku ini merupakan novel epistolary 1982 oleh penulis Amerika Alice Walker wajib dibaca. Novel ini memenangkan Penghargaan Pulitzer 1983 untuk Fiksi dan Penghargaan Buku Nasional untuk Fiksi.

Di tengah isu-isu tentang rasial, The Color Purple menjadi buku bacaan wajib untuk menambah wawasan dan pengertian isu penting ini. Buku ini bercerita tentang kehidupan perempuan Afrika-Amerika di pedesaan Georgia pada awal abad kedua puluh. 

5 Buku Yang Wajib Dibaca Sekali Dalam Seumur Hidup

Menyabet berbagai penghargaan, The Color Purple berbagi cerita memilukan tentang perjuangan kehidupan perempuan ‘berwarna’ di Amerika Serikat era 30-an. Tanpa sensor dan penuh kenyataan pahit, The Color Purple bakal menyahat hati. 

Itu dia 5 rekomendasi buku yang wajib kamu baca setidaknya sekali dalam hidupmu. Membaca buku bisa membuka pengetahuanmu menjadi luas dan memberi tahu kamu hal hal yang tidak kamu ketahui sebelumnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *