5 Alasan Mengapa Coronavirus Tak Ada Di Indonesia

  • Whatsapp
alasan

Garisatu.com – Sampai saat ini, belum ada kasus yang terkonfirmasi bahwa Indonesia terlah terserang virus corona. Apa alasannya?

Virus nCoV-2019 ini telah merenggut ribuan nyawa. Akan tetapi virus ini dikabarkan belum ada sama sekali di Indonesia.

Menurut data dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes), 75 dari total 77 tersangka berpotensi terserang virus corona dinyatakan negatif, sedangkan 2 nya masih dalam pemeriksaan.

Bacaan Lainnya

Kabar bahwa Indonesia belum terserang virus corona membuat banyak orang berpikir keras. Ada yang berpikir alasannya karena orang Indonesia memiliki imun tubuh yang kuat, adapun yang berpikir bahwa mungkin Indonesia tidak mampu mendeteksi adanya virus tersebut.

Dilansir dari detik.com, inilah 5 alasan mengapa nCoV-2019 belum memasuki tanah air kami, Indonesia:

1. Pengamanan ketat di bandara dan pelabuhan
“Di semua titik masuk negeri ini, itu dalam pengendalian Kemenkes dan pihak yang terkait. Keluar masuk Wuhan pun sudah dikontrol,” ujar Wakil Ketua DPR Komisi IX, Emanuel Melkiades Laka Lena.

2. Kewaspadaan tinggi
Upaya untuk mendeteksi dan mencegah penularan virus semaksimal mungkin. Dr. Anung Sugiantono, Direktur Jendral P2P Kemenkes, mengatakan bahwa 13 orang yang dibawah pemeriksaan terdapat 11 orang yang negatif nCoV-2019. Sisanya masih dicek lebih lanjut.

“Jadi kalau ditanya mengapa Indonesia masih belum ada? Kita sudah mengupayakan yang tadi people under observation, dalam konteks suspect itu kita amati, sampai sekarang alhamdulillah tidak ada novel coronavirus,” Ujar dr Anung.

man in red jacket standing beside green metal fence during daytime

3. Perangkat deteksi standar WHO
Perangkat yang digunakan untuk mendeteksi orang-orang yang memasuki Indonesia, dan digunakan juga di beberapa tempat publik

Perangkatnya dipanggil Polymerase Chain Reaction (PCR).

4. Iklim tropis dan udara lembab
Dr R Fera Ibrahim, MSc, SpMK(K), PhD, Ahli mikrobiologi, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menyatakan bahwa virus nCoV-2019 tidak tahan akan panas.

Lalu, Indonesia termasuk negara yang memiliki kelembaban udara tinggi. Dengan begitu, udara di Indonesia menjadi salah satu alasan mengapa virus corona lebih susah untuk menyebar. Makanya dianjurkan untuk memasang pelembab udara dalam ruangan untuk saat seperti ini.

5. Berkat doa
Berkat doa dari seluruh rakyat Indonesia, Tuhan memberkati tanah air dan menjauhkan kami dari bencana mengerikan seperti wabah virus corona.

“Makanya kita doa itu penting, menjaga perilaku hidup sehat, kemudian doa lagi. Kalau ada apa-apa segera periksa, dan jangan percaya sama informasi yang tidak benar,” ucap dr Bambang Wibowo, Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, di Jakarta pada Rabu (29/1/2020).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *