4 Perbedaan Snorkeling Dan Diving

  • Whatsapp
4 Perbedaan Snorkeling Dan Diving
4 Perbedaan Snorkeling Dan Diving

Garisatu.com – Bingung memilih snokeling atau diving? Pantai atau laut merupakan destinasi wisata liburan yang paling banyak diminati sebab selain panorama yang indah kita juga bisa bermain dengan air serta pasir. Dan juga menghabiskan waktu di pantai rupanya bisa memberikan banyak manfaat.

Kamu tidak hanya bisa duduk bersantai, namun ada beragam jenis aktifitas menarik yang bisa kamu lakukan ketika berlibur ke pantai, mulai dari memancing, bermain voli di pantai, berselancar, snorkeling, dan juga dive.

Bacaan Lainnya

Snorkeling dan dive merupakan salah satu cara yang cocok untuk dilakukan dan tidak boleh dilewatkan jika kamu ingin menikmati keindahan bawah laut.

Untuk melakukan snorkeling maupun dive, kamu tidak perlu jauh jauh sampai keluar negeri sebab Indonesia sendiri sudah memiliki banyak sekali spot dive maupun snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang mempesona. Hal ini tentu saja menjadi kebanggan tersendiri.

Meskipun snorkeling dan dive sama sama termasuk olahraga air yang dilakukan dengan cara menyelam, namun keduanya termasuk aktifitas berbeda, dan masih banyak orang yang bingung dalam membedakannya.

4 Perbedaan Snorkeling Dan Diving

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk melakukan kedua aktivitas ini, berikut beberapa perbedaan antara snorkeling dan dive yang perlu anda ketahui.

Perbedaan Kedalaman

4 Perbedaan Snorkeling Dan Diving

Perbedaan paling mendasar antara snorkeling dan dive adalah terletak pada tingkat kedalamannya ketika menyelam ke dalam air.

Biasanya snorkeling dilakukan pada permukaan air dengan kedalaman sekitar 1-3 meter saja, sedangkan dive bisa dilakukan pada kedalaman 200 – 300 meter atau bahkan lebih dalam lagi.

Ketika melakukan snorkeling, kamu harus menahan napas untuk bisa berada di bawah air dalam waktu yang lebih lama.

Berbeda dengan dive, kamu bisa bertahan di dalam air dalam waktu yang cukup lama karena kamu akan dilengkapi dengan peralatan yang lebih lengkap.

Diving sendiri terbagi dalam dua jenis, di antaranya scuba dive dan juga free dive.

Perbedaan Peralatan

4 Perbedaan Snorkeling Dan Diving

Dari sisi peralatan yang digunakan, tentu saja diving memerlukan perlengkapan yang lebih kompleks dibandingkan dengan snorkeling.

Ketika melakukan aktivitas snorkeling kamu hanya memerlukan kaca mata selam dan snorkel sebagai alat bantu pernapasan.

Sedangkan untuk melakukan scuba diving, kamu memerlukan beragam peralatan mulai dari kaca mata selam atau helm selam, selang dan tabung oksigen, baju menyelam dan kaki katak.

Berbeda lagi dengan free diving, yang dilakukan di kedalaman air yang cukup dalam namun hanya mengandalkan kekuatan pernapasan karena tidak menggunakan tabung oksigen seperti halnya pada scuba diving.

4 Perbedaan Snorkeling Dan Diving

Perbedaan Teknik dan Latihan

4 Perbedaan Snorkeling Dan Diving

Dengan adanya perbedaan kedalaman dan juga peralatan yang digunakan, tentu saja dibutuhkan teknik, latihan dan ketentuan yang berbeda untuk melakukan aktivitas snorkeling dan diving.

Kamu tidak memerlukan teknik atau latihan khusus untuk melakukan snorkeling karena aktivitas ini hanya dilakukan pada permukaan air saja.

Berbeda dengan diving yang memerlukan sertifikat khusus, snorkeling lebih fleksibel untuk dilakukan oleh siapa saja tanpa memerlukan adanya latihan ataupun ketentuan khusus.

Namun, jika kamu ingin mencoba untuk melakukan diving, kamu harus melalui beberapa latihan khusus untuk bisa menguasasi teknik pernapasan maupun cara mengatur oksigen ketika berada di bawah air.

Manfaat dan Efek Samping

4 Perbedaan Snorkeling Dan Diving

Baik snorkeling maupun diving, keduanya merupakan aktivitas seru yang akan memberikan pengalaman unik dengan beragam manfaat.

Selain bisa membantu meredakan depresi dan stress, snorkeling dan diving juga bermanfaat bagi kesehatan fisik seperti menjaga kesehatan jantung, pernapasan dan otot tubuh.

Selain itu kamu juga tetap harus mengutamakan keselamatan dengan mempersiapkan peralatan dan latihan dengan baik, sebab ada juga beberapa efek samping yang mungkin bisa dialami ketika kamu sedang melakukan snorkeling atau diving.

Saat melakukan snorkeling dan terlalu lama berada di dalam air, kulit pada area tangan bisa mengerut, dehidrasi, serta kulit terbakar oleh paparan sinar matahari.

Untuk menghindarinya kamu bisa menggunakan tabir surya yang aman untuk ekosistem laut, Sedangkan efek samping yang bisa dialami dengan melakukan diving ialah kemungkinan penyakit Vertigo, Tinnitus, Hipotermia dan dekompresi.

Untuk mencegah beberapa gangguan kesehatan tersebut, pastikan Anda sedang dalam kondisi kesehatan yang baik serta memastikan mematuhi ketentuan saat melakukan diving.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *