Inilah 4 Perbedaan Antara Chiffon, Butter, Dan Sponge Cake

  • Whatsapp
Inilah 4 Perbedaan Antara Chiffon, Butter, Dan Sponge Cake
Inilah 4 Perbedaan Antara Chiffon, Butter, Dan Sponge Cake

Garisatu.com – Kue bertekstur empuk hingga kini masih menjadi hidangan favorit di berbagai acara seperti pesta ulang tahun, pernikahan hingga syukuran. Cita rasanya yang manis dengan tekstur lembut memang cocok disantap sambil bercengkerama bersama orang terdekat.

Sekilas, tampilan kue memang terlihat sama namun, ternyata kue dibedakan menjadi beberapa jenis seperti butter cake, sponge cake, dan chiffon cake.

Bacaan Lainnya

Ketiga jenis kue inilah yang paling populer dan banyak dijumpai di berbagai toko roti seluruh dunia.

Apakah kamu termasuk salah satu penggemar chiffon cake, sponge cake, atau butter cake?

Ketiga jenis kue tersebut memang memiliki bentuk dan wujud yang sama. Seringkali orang mengira mereka merupakan kue yang sama.

Ketiganya memiliki rasa yang manis dan bisa dipadukan dengan berbagai krim, yang semakin menambah cita rasa lezat.

Inilah 4 Perbedaan Antara Chiffon, Butter, Dan Sponge Cake

Chiffon dan sponge cake cocok dihidangkan dengan segelas teh hangat maupun kopi, bahkan bisa menambah kelezatannya hingga dua kali lipat.

Karena banyaknya orang yang mengira mereka merupakan kue yang sama, maka disini akan membahas perbedaan keduanya supaya kamu tidak bingung dan salah membedakan lagi.

1.         Memiliki tekstur yang berbeda

Inilah 4 Perbedaan Antara Chiffon, Butter, Dan Sponge Cake

Jika dilihat sekilas, memang tampak serupa. Tetapi kamu bisa lebih mendalami tekstur kedua kue ini untuk mengetahui perbedaannya.

Kue dengan jenis sponge jauh lebih padat dan cenderung kering, karena dipengaruhi oleh penggunaan bahan lemak didalam adonannya.

Sedangkan chiffon memiliki tekstur yang lebih ringan, empuk, dan memiliki rongga besar menyerupai spons serta lembab. Bahkan kue chiffon terasa lebih lembut dan kenyal saat digigit. Sehingga lebih banyak yang menyukainya.

Walaupun demikian, bukan berarti sponge cake tidak lembut. Sponge cake akan tetap terasa lembut ketika dimakan, hanya saja terasa lebih berat saat dikunyah jika dibandingkan dengan chiffon.

Sedangkan butter cake terasa paling berat diantara sponge cake dan chiffon cake, butter cake merupakan kue yang paling padat sehingga gampang kering bila didiamkan di suhu ruang.

2.         Perbedaan penggunaan lemak

Seperti yang dijelaskan tadi, terdapat perbedaan penggunaan bahan lemak yang cukup berbeda didalam pembuatan chiffon dan sponge cake sehingga mempengaruhi tekstur kue saat sudah matang.

Chiffon cake menggunakan lemak cair yang berupa minyak. Kue chiffon tidak menggunakan mentega, Hal inilah yang menyebabkan chiffon memiliki tekstur yang lebih empuk dan tidak berat saat dimakan. Selain itu, penggunaan putih telur juga memegang peran penting untuk menciptakan tekstur lembut pada kue chiffon.

Inilah 4 Perbedaan Antara Chiffon, Butter, Dan Sponge Cake

Sedangkan kue berjenis sponge menggunakan lemak berupa kuning telur bahkan hingga delapan butir. Tidak hanya itu, kue ini juga memasukkan sekitar 200 gram mentega kedalam adonan.

Faktor ini yang menyebabkan tekstur kue sponge jauh lebih padat dan berat, namun tetap lembut. Sedangkan butter cake juga menggunakan mentega namun dengan jumlah mentega yang lebih banyak dibandingkan dengan sponge cake.

Inilah 4 Perbedaan Antara Chiffon, Butter, Dan Sponge Cake

3.         Perbedaan dari segi cara pembuatannya

Ketika membuat sponge cake, kamu bisa mengocok dan mencampurkan semua bahan secara langsung, namun dengan cara sedikit demi sedikit.

Pertama, kocok telur, gula, dan juga baking powder, kemudian jika sudah dikocok hingga mengembang, kamu sudah bisa memasukkan bahan bahan kering.

Berbeda dengan proses pembuatan adonan kue chiffon yang harus dilakukan secara terpisah dan dibagi menjadi dua bagian.

Inilah 4 Perbedaan Antara Chiffon, Butter, Dan Sponge Cake

Bagian pertama terdiri dari kocokan telur dan gula, minyak, dan bahan kering seperti tepung terigu, kemudian bagian kedua yaitu kocokan putih telur dengan gula hingga mengental dan berwarna putih bersih.

Kemudian barulah adonan putih telur dicampurkan kedalam adonan kuning telur secara bertahap.

Sedangkan dalam membuat butter cake, pertama kita perlu mengocok butter hingga mengembang, light, dan terasa fluffy.

Dalam membuat butter cake adonan juga dikocok bersama dengan entega hingga mengembang dan gulanya larut. Perpaduan gula dan mentega membuat tekstur butter cake sangat padat dan mengenyangkan, serta agak berminyak.

4.         Suhu pemanggangan

Ketiga jenis kue ini juga harus dipanggang dalam suhu yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Rata-rata sponge cake mainnya di 180 derajat Celcius, kalau chiffon cake 190-200 derajat celcius, kalau butter cake 160-170 derajat celcius.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *