Inilah 4 Kebiasaan Setelah Keramas yang Merusak Rambut!

  • Whatsapp
Ternyata Kebiasaan Habis Keramas Ini Malah Bikin Rambut Hancur!

Garisatu.com – Rambut merupakan esensial penting bagi kaum wanita.

Rambut yang biasa disebut sebagai mahkota ini merupakan bagian dari tubuh yang sangat penting dan harus dirawat agar sehat.

Namun siapa sangka, ternyata kebiasaan habis keramas ini yang kita anggap sepele malah bikin mahkota kita hancur.

Bacaan Lainnya

blonde hair

Ternyata rutin berkeramas agar kesehatan kulit kepala dan rambut dapat terjaga saja tidak cukup. Perlu diketahui bahwa beberapa kebiasaan sepele yang kamu lakukan usai keramas malah membahayakan rambutmu.

Salah satu kebiasaan kita usai keramas adalah mengeringkan rambut. Terdapat beberapa cara untuk mengeringkan rambut salah satunya adalah dengan mengeringkannya secara manual dengan menggunakan handuk atau dengan alat seperti hair dryer.

woman holding black and gray hair dryer

Sepele bukan? Cuman mengeringkan rambut saja ternyata dapat membahayakan mahkota kita jika tidak dilakukan dengan benar. So, berikut adalah kebiasaan yang bisa merusak rambut:

Mengeringkan rambut dengan cara menggosok dengan handuk

Sudah banyak dari kita yang selalu ngelakuin ini dan anggap remeh. Perlu kamu ketahui, mengeringkan rambut dengan cara digosok pakai handuk sangatlah merusak rambut! Jangan anggap remeh kebiasaan ini ya girls.

woman inside bathroom

Saat kamu gosok rambut kamu dengan handuk, gesekan antara handuk yang kasar sama rambut kamu yang rapuh itu bisa merusak kutikula rambut, rambut yang dalam keadaan basah memiliki kutikula yang sangat rentan terhadap serangan.

So, jika kamu mau ngeringin rambut dengan handuk, pastikan jangan digosok ya rambutnya.

Cukup kamu tekan-tekan saja rambut basah kamu dengan handuk keringnya secara perlahan. Setelah itu bungkuslah rambut kamu dengan handuk itu.

Cara ini jika dilakukan dengan benar akan melindungi kutikula rambut kamu dari kerusakan fatal.

Mengeringkan rambut tanpa menggunakan protection

woman holding spray bottle

Ngeringin rambut dengan menggunakan hair dryer atau catokan pada rambut yang masih setengah basah sangat gak bagus lho. Kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan rambutmu terbakar dan rusak.

Baca Juga: Mantan Ganas: Zodiak Ini Bisa Balas Dendam Dengan Mantan Mereka

Sebelum keringin rambut indah kamu dengan hair dryer atau catokan, aplikasikan terlebih dahulu produk heat protectant yang banyak dijual di pasaran. Gunakan sesuai cara penggunaannya yang sudah tertera dikemasannya agar tidak salah langkah.

Heat protectant yang tersedia di pasaran terdapat dua jenis yaitu versi gel atau versi spray. Heat protectant sangat berguna untuk cover kutikula rambut dari kekeringan sehingga rambut akan tetap moisturize and healthy.

Selain penggunaan heat protectant sebelum mengeringkan rambut dengan hair dryer atau catokan, pastikan untuk setel terlebih dahulu tingkat kepanasan alat tersebut. Setel alatnya pada tingkat yang paling rendah agar tidak merusak rambut.

Menyisir rambut dari atas hingga bawah ujung rambut

black hair brush

Setelah keramas dan mengeringkan rambut, kamu pasti menyisir rambutmu. Ingat-ingat kembali bagaimana cara kamu menyisir rambutmu biasanya. Sebagian besar orang menyisir rambutnya dari atas hingga bawah rambut.

Baca Juga: Perempuan Berzodiak Ini Anti Selingkuh! Update 2020

Padahal, perlu kamu ketahui bahwa cara menyisir seperti itu sangat tidak baik untuk rambut. Saat menyisir dari atas hingga bawah, bagian bawah rbut biasanya akan kusut. Dan ketika dipaksakan, rambut banyak yang ketarik dan malah rontok. Perhatikan di lantai atay kasurmu saat menyisir, pasti banyak yang berjatuhan.

Jadi, cara menyisir yang benar adalah sisirlah hingga halus lebih dulu bagian bawah rambut karena bagian bawah lebih sering dikuncir-kuncir. Setelah halus, baru kamu boleh sisir bagian atas rambut. Cara ini terbukti dapat mengurangi kerontokan rambut.

Mengikat rambut kekencangan

woman wearing blue top inside room

Sebagai perempuan, mengikat rambut merupakan kebiasaan sepele yang tiap saat kita lakukan. Namun ternyata, mengikat rambut kekecangan malah membuat kulit kepala kita ketarik dan hal itu bisa bikin kepala jadi tegang dan stres.

Baca Juga: Wanita Sengaja Ludahi Tombol Lift Terekam Di CCTV, Diduga Untuk Sebar Coronavirus

Rambut yang diikat terlalu kencang juga bisa bikin kepala pusing. Apalagi yang memakai hijab, bisa pingsan loh!

Semaksimal mungkin sering lepas ikatan rambut, misalakan saat dirumah atau tidur supaya kepala lebih relax.

Ingat juga untuk tidak mengikat rambut kamu ketika keadaan rambut kmu sedang basah. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada rambut seperti rontok atau patah.

Good luck!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *