3 Tips Menghilangkan Noda Tinta Pada Pakaian Dan Benda Berbahan Kulit

  • Whatsapp
3 Tips Menghilangkan Noda Tinta Pada Pakaian Dan Benda Berbahan Kulit
3 Tips Menghilangkan Noda Tinta Pada Pakaian Dan Benda Berbahan Kulit

Garisatu.com – Menghilangkan noda tinta yang berasal dari spidol permanen maupun pulpen pada benda benda seperti baju, kulit halus, hingga kulit imitasi seringkali susah untuk dihilangkan dengan cara dicuci. Maka kebanyakan orang menggunakan alcohol gosok untuk menghilangkannya. Namun perawatan seperti ini sebetulnya tidak ditgunakan pada benda yang berbaham suede.

Jika kamu memiliki benda berbahan suede atau jenis kulit lain yang tidak mulus dan ingin menghilangkan noda tinta, sebaiknya bawalah pakaian tersebut ke layanan pembersih kering khusus benda berbahan suede.

Bacaan Lainnya

Seperti yang dilansir dari The Spurce, menghilangkan noda tinta untuk jeans, kemeja, dan pakaian lain yang bisa dicuci, kamu bisa menindaklanjuti pembersihan alcohol dengan merendam pakaian dalam pemutih yang tahan warna sebelum dicuci. Kemudian lanjutkan dengan mengeringkan pakaian tersebut.

Sedangkan untuk mendapatkan hasil yang terbaik untuk menghilangkan noda tinta, cobalah untuk menghapus tinta pada saat masih dalam keadaan basah, atau sesegera mungkin.

3 Tips Menghilangkan Noda Tinta Pada Pakaian Dan Benda Berbahan Kulit

Menghilangkan noda tinta yang masih ‘baru’ cenderung lebih mudah untuk dihilangkan, sedangkan noda yang sudah lama menetap, akan lebih sulit dan mungkin memerlukan perawatan berulang.

Terutama jika kulit sudah keropos, noda bisa menembus jauh kedalam kulit yang membuatnya semakin sulit untuk dihilangkan.

Jika benda berbahan kulit terkena noda parah dengan tinta permanen, sebaiknya pertimbangkan untuk mengecat benda tersebut dengan warna yang lebih gelap agar sesuai dengan nodanya.

Tinta permanen seringkali tidak dapat dihilangkan dari kulit tanpa merusak serat. Pembersih profesional atau bengkel sepatu bisa mewarnai kulit.

Jika kamu ingin mencoba menghilangkan noda tinta pada pakaian dan bahan kulit, kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan berikut ini.

–           Ember atau bak rendam (hanya untuk benda yang bisa dicuci)

–           Bahan yang ingin dibersihkan

–           Spiritus

–           Kapas

–           Pemutih yang berbahan dasar oksigen (hanya untuk barang yang bisa dicuci)

3 Tips Menghilangkan Noda Tinta Pada Pakaian Dan Benda Berbahan Kulit

Jika semua bahan sudah siap, ikuti langkah berikut ini. Basahi kapas atau kain katun putih dengan alkohol (alkohol isopropil). Jangan menggunakan kain berwarna karena dapat mentransfer pewarna ke bahan.  

Seka kapas ke kain atau kulit di area yang tidak terlihat, seperti di lipatan bagian dalam, atau lipatan pengeleman, untuk memastikan alkohol tidak merusak atau mengubah warna bahan.

1. Oleskan pada noda

Basahi kembali kapas dengan alkohol, lalu oleskan pada noda, lakukan dari bagian luar noda ke dalam untuk mencegah penyebaran.

Kamu seharusnya dapat melihat transfer tinta ke kapas. Ganti kapas dengan yang baru (jika kamu menggunakan kain, basahi area bersih dari kain tersebut) saat kamu melihat tinta yang ada di kain atau kapas untuk mencegah noda pada pakaian. Terus lap noda dengan lembut sampai tinta hilang.

Namun perlu diperhatikan untuk tidak menggosok kulit dengan kasar karena dapat menghilangkan warna dan bahkan lapisan kulit itu sendiri.

2. Biarkan bahan mengering

Biarkan pakaian mengering dengan sendirinya setelah atau di antara perawatan. Jangan taruh pakaian ke dalam pengering, karena bisa membuat noda semakin lengket.

Setelah tinta dibersihkan dari kulit, rawat pakaian dengan kondisioner kulit untuk membantunya tetap kenyal dan halus.

3 Tips Menghilangkan Noda Tinta Pada Pakaian Dan Benda Berbahan Kulit

3. Rendam dan cuci (hanya berlaku untuk benda yang bisa dicuci)

3 Tips Menghilangkan Noda Tinta Pada Pakaian Dan Benda Berbahan Kulit

Jika sisa tinta tertinggal setelah beberapa kali perawatan, campurkan larutan pemutih berbasis oksigen dengan air dingin.

Kemudian okuti petunjuk di kemasan tentang berapa banyak produk yang akan digunakan per liter air. Rendam pakaian seluruhnya dan biarkan terendam setidaknya selama delapan jam.

Periksa noda. Jika sudah hilang, maka lanjutkan dengan mencuci pakaian seperti biasa seperti yang tertera pada label.

Jika noda tetap ada, campurkan larutan baru dan ulangi langkah tersebut. Mungkin diperlukan beberapa kali perendaman untuk menghilangkan noda.

Kamu juga bisa mencoba beberapa cara sederhana untuk membersihkan noda tinta pada baju seperti menggunakan aseton, cairan pembersih cat kuku, cuka, dan juga pasta gigi.

Jika kamu sudah melakukan cara diatas namun noda masih tidak kunjung hilang, maka pertimbangkan untuk mewarnai pakaian dengan warna gelap, atau kamu bisa meletakkan hiasan tambahan untuk menutupi noda seperti tambalan, pita, dan kancing di atas noda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *