3 Tips Berhenti Merokok Bagi Perokok

  • Whatsapp
3 Tips Berhenti Merokok Bagi Perokok
3 Tips Berhenti Merokok Bagi Perokok

Garisatu.com – Berhenti merokok memang sulit. Merokok sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang yang cukup sulit untuk dihilangkan. Dan hal ini merupakan factor resiko yang signifikan untuk memicu kanker, serta membunuh sebanyak delapan juta orang diseluruh dunia setiap tahunnya.

Lebih dari itu, ditengah musim pandemi yang melanda dunia ini, kebiasaan merokok juga mengganggu system kekebalan tubuh manusia.

Bacaan Lainnya

Dr. Volkan Kara berkata kepada Kantor Berita Anadolu bahwa komponen terpenting yang dilepaskan setelah tembakau dibakar ialah tar, dimana terdapat hampir 7.000 zat berbahaya.

Sebanyak 250 diantaranya beracun, sehingga mengotori tubuh, dan 50 diantaranya memiliki sifat penyebab kanker.

Dr. Volkan Kara sendiri merupakan anggota dari Green Crescent Science, sebuah lembaga non profit yang berada di Turki.

Lembaga ini bekerja untuk melawan kebiasaan merokok, meminum alcohol dan sejumlah kecanduan lain.

Lembaga yang didirikan sejak 5 Maret 1920 di Istanbul ini memberikan layanan serta perlindungan kepada warga warga di Turki, terutama para kaum muda supaya terhindar dari segala jenis kecanduan.

Dr. Kara juga menyampaikan bahwa disfungsi akibat rokok yang terjadi pada system tubuh, terutama system imun, bisa membuat kita sakit.

3 Tips Berhenti Merokok Bagi Perokok

Di sisi lain pun dia menekankan pentingnya menjaga system kekebalan tubuh terhadap perlindungan diti dari virus covid-19.

Senada dengan itu, seorang konsultan dari Komisi Ilmiah Asosiasi Kedokteran Keluarga Istanbul (ISTAHED), Dr. Guzin Zeren Ozturk juga memberikan pandangannya.

Dia mengatakan bahwa merokok tidak hanya membunuh perokoknya saja, namun juga orang orang sekitar yang menjadi perokok pasif, misalnya anak anak.

Dia menjelaskan lebih jauh, ada tiga efek merokok yang berdampak pada kesehatan kita. Efek pertama berada pada sisi perokok, lalu efek sekunder ada pada mereka yang menghirup asap rokok dari orang lain atau produk rokok yang terbakar. Ini yang dinamakan sebagai perokok pasif.

3 Tips Berhenti Merokok Bagi Perokok

Sedangkan efek tersier ialah asap rokok diserap oleh permukaan saat dihisap dalam lingkungan tertutup masuk kembali kedalam udara.

Dan kondisi ini akan memengaruhi individu lain melalui paparan perubahan kimia tertentu.

Tercatat sebanyak 1,2 juta orang meninggal akibat menjadi perokok pasif, sementara setidaknya ada 40 persen anak anak diseluruh dunia terpapar penyakit akibatnya. Alasan itu juga yang menjadi penyebab 28% kematian anak.

Dr. Guzin Zeren Ozturk bahkan menyebut, merokok menjadi pemicu utama hingga sekitar sepertiga dari semua kanker.

“Meskipun 90 persen kanker paru-paru terjadi karena merokok, namun merikok juga berperan aktif dalam pembentukan kanker lain.”

3 Tips Berhenti Merokok Bagi Perokok

“Misalnya kanker laring, rongga mulut, esofagus, perut, usus besar, pankreas, ginjal, kandung kemih, payudara dan kanker mulut rahim,” ungkap Ozturk.

Mengingat bahaya rokok yang bisa ditimbulkan pada diri sendiri maupun orang lain, untuk berhenti merokok memang tidak mudah, tetapi setidaknya ada beberapa cara yang dinilai cukup ampuh untuk memulai berhenti merokok.

3 Tips Berhenti Merokok Bagi Perokok

Berikut penjelasannya.

1.         Menetapkan target yang realistis

3 Tips Berhenti Merokok Bagi Perokok

Mungkin karena kamu tidak mendapatkan asupan nikotin, kamu bisa menjadi murung dan mudah tersinggung.

Atau mungkin, kamu memberikan kompensasi berlebihan dengan cara makan yang tidak terkendali untuk menggantikan hilangnya asupan rokok.

Jika kamu menghadapi kondisi seperti ini, trik untuk berhenti merokok ialah dengan bersikap realistis. Seperti contoh, jika kamu merokok sebanyak 20 batang perhari, maka kamu perlu menguranginya secara bertahap.

Dan, jika ada alasan bagus untuk berhenti merokok, baik itu alasan kesehatan, atau karena memiliki anak dan keluarga, pastikan untuk mengingatkan diri sendiri terus menerus terkait alasan itu.

2.         Tetap aktif

3 Tips Berhenti Merokok Bagi Perokok

Kita semua tahu bahwa olahraga baik bagi kesehatan dan mendatangkan banyak manfata baik bagi tubuh. Olahraga pun bisa meningkatkan kebugaran kardiovaskular, dan juga menciptakan endorphin yang secara instan meningkatkan suasana hati.

Dan satu lagi, ternyata dengan berolahraga selama minimal 30 menit dalam sehari bisa membantu mengatasi keinginan merokok. Lama-kelamaan anda akan berhenti merokok.

Jadi, di mana kamu biasanya pergi keluar untuk merokok, pertimbangkan untuk berjalan-jalan sebentar, atau kenapa tidak mecari sneaker dan pergi jogging sebagai gantinya.

3.         Barengi dengan diet seimbang

3 Tips Berhenti Merokok Bagi Perokok

Akan ada saat di mana kamu bisa mengalahkan sebatang rokok. Katakanlah, kamu terbiasa menghisap rokok di pagi hari bersama secangkir kopi, atau saat berjalan ke kantor, atau ketika merasa stres. Berhenti merokok bisa kamu lakukan jika ada kemauan.

Memang baik untuk tak membuat setumpuk niat sekaligus, tapi menemukan sebuah “kuncian” yang bisa mengalihkan pikiran adalah hal penting.

Terutama, jika kamu sudah merokok di hampir sepanjang perjalanan hidup.

Nah, cara yang bagus untuk mengurangi rasa takut dan tak nyaman akibat kondisi tersebut adalah dengan memberi tubuh nutrisi yang dibutuhkan.

Tentu saja, asupannya tak sampai melebihi batas harian yang disarankan. Usahakan untuk mengonsumsi karbohidrat, protein, lemak, dan serat dalam jumlah sedang.

Sebaiknya pula, kamu mengonsumsi vitamin dan mineral, serta banyak minum air putih. Di atas semua itu, niat besar dan keinginan untuk mencapai target tertentu yang selalu diingat, akan amat membantu mewujudkan usaha ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *