13 Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil

  • Whatsapp
13 Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil
13 Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil

Garisatu.com – Pantangan makanan untuk ibu hamil? Apa saja ya? Sebagai informasi, kehamilan memiliki tiga fase, yakni disebut sebagai trimester I, trimester II, dan trimester III. Nah, jika masuk pada fase trimester I, kandungan perlu mendapatkan perhatian ekstra karena keguguran rentan terjadi pada trimester ini.

Pada trimester awal, bayi secara fisik tumbuh didalam rahim dan pada akhir trimester ini, sebagian besar organ janin sudah terbentuk.

Bacaan Lainnya

Namun bayi masih begitu lemah dan belum memiliki system kekebalan sendiri, sehingga ibu hamil perlu ekstra berhati hati dan memperhatikan pantangan makanan ibu hamil.

Perkembangan janin yang sehat sejalan dengan kebiasaan hidup yang baik, seperti misalnya berolahraga secara teratur, terhidrasi, dan mengonsumsi makanan yang benar dengan menghindari pantangan makanan.

13 Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil

Namun memilih makanan ketika hamil memang bisa menjadi hal yang sulit sebab tidak semua makanan yang terlihat sehat boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Terutama selama masa trimester I ini, ibu hamil sebaiknya menghindari beberapa pantangan makanan berikut untuk menjaga kesehatan kehamilan.

1.         Daging mentah

13 Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil

Pantangan makanan pertama adalahi daging mentah tidak hanya perlu dihindari pada trimester I kehamilan saja, namun sebaiknya dihindari selama kehamilan karena kemungkinan daging mentah mengandung mikroorganisme seperti bakteri E coli, salmonella, dan lainnya yang diketahui bisa menyebabkan keracunan makanan akut.

Apabila ibu hamil benar benar ingin mengonsumsi daging, maka masaklah daging hingga matang tanpa menyisakan warna merah atau darah.

Selain itu, pastikan juga untuk mencuci tangan hingga bersih setelah memegang daging mentah.

2.         Ikan dan makanan laut

13 Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil

Pantangan makanan kedua ialah Ikan dikenal sebagai sumber protein yang baik dan mengandung asam lemak omega 3 yang termasuk salah satu nutrisi penting bagi ibu hamil.

Namun ada beberapa jenis ikan yang mengandung merkuri dalam kadar tinggi dan harus dihindari, seperti misalnya ikan hiu, swordfish, king mackerel, dan tilefish.

Merkuri yang dikonsumsi secara berlebihan selama kehamilan bisa menghambat perkembangan dan menyebabkan kerusakan pada otak bayi, maka dari itu sangat tidak dianjurkan supaya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil.

Namun jika benar-benar menginginkannya, pastikan makanan tersebut matang dan tidak dalam jumlah banyak atau tak berlebihan.

3.         Telur mentah

13 Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil

Pantangan makanan ketiga adalah Telur mentah dan hidangan apapun yang mengandung telur mentah harus dihindari sepenuhnya selama kehamilan.

Sama seperti ikan dan makanan laut mentah, telur juga berpotensi membawa mikroorganisme yang berbahaya.

Meskipun bahayanya tidak dirasakan secara langsung, namun bisa menyebabkan bayi mengalami kesulitan karena kesehatan ibu yang mengandungnya memburuk.

4.         Alkohol

13 Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi alkohol selama kehamilan juga bisa membahayakan janin yang sedang berkembang didalam rahim.

Ini karena alcohol bisa masuk ke darah bayi melalui ibu dan menyebabkan kerusakan pada sumsum tulang belakang dan sel otak bayinya.

Masalah yang timbul dari mengonsumsi alcohol selama kehamilan bisa berkisar dari ringan hingga berat.

Alkohol sendiri memiliki kemampuan untuk mempengaruhi fitur wajah dan perkembangan vertical bayi, sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan keguguran, lahir mati atau kelahiran premature.

5.         Susu tidak dipasteurisasi

13 Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil

Pantangan makanan kelima adalah susu menjadi sumber kalsium yang sangat baik bagi ibu hamil. Akan tetapi, penting untuk memilih dan menghindari susu yang tidak melalui pasteurisasi.

Sebab kemungkinan mengandung banyak mikroba yang bisa membahayakan ibu hamil dan perkembangan bayi didalam rahim.

Oleh karena itu, selalu konsumsi susu pasteurisasi atau rebus susu terlebih dulu sebelum dikonsumsi.

13 Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil

6.         Pepaya mentah

Pantangan makanan keenam adalah buah pepaya mentah harus dihindari selama kehamilan karena didalamnya mengandung zat papain dan pepsin yang mempengaruhi perkembangan janin.

Selain itu, pepaya juga bisa memicu atau menginduksi kontraksi pada rahim sehingga mengakibatkan keguguran, kelahiran dini atau premature.

7.         Msg

Msg atau monosodium glutamate ialah zat aditif yang umum digunakan untuk meningkatkan cita rasa pada masakan.

Banyak badan penelitian pangan yang menyatakan bahwa msd aman untuk dikonsumsi. Akan tetapi, ini juga bisa membuat sebagian orang merasa sakit kepala, mual, mati rasa, berkeringat, dan otot yang menegang.

Selain itu, disarankan juga untuk menghindari konsumsi msg jika ibu hamil mengalami salah satu gejala tersebut sebelum hamil.

8.         Nanas

Ibu hamil perlu sangat berhati hati bahkan tidak dianjurkan untuk mengonsumsi nanas, karena buah ini mengandung enzim bromelain yang melembutkan serviks dan bisa menyebabkan persalinan dini.

9.         Biji adas, fenugreek, dan wijen

Seharusnya tak masalah untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang sedikit, namun karena ketiga jenis biji ini dapat merangsang kontraksi rahim yang menyebabkan kelahiran prematur atau keguguran, maka akan lebih baik untuk menghindarinya.

10.       Keju lunak

Keju lunak seperti gorgonzola, brie, dan yang lainnya tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan. Ini karena di dalam proses pembuatannya menggunakan jamur dengan kadar air tinggi, sehingga bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri listeria yang bisa membahayakan bayi.

11.       Pemanis buatan

Food and Drug Administration (FDA) telah menandai bahwa Aspartame, Sucralose, dan Stevia aman untuk dikonsumsi, sedangkan Saccharin, serta Cyclamate berbahaya.

Dan meski tidak ada salahnya mengonsumsi dalam jumlah sedang, namun tidak memiliki nutrisi dan kalori.

12.       Sayuran mentah dan kecambah

Ibu hamil memang paling baik untuk mengonsumsi makanan yang matang, bahkan untuk jenis sayuran sekalipun.

Sayuran mentah mungkin mengandung pestisida atau mengandung bakteri, yang dapat menyebabkan penyakit pada ibu hamil atau bayi.

Selain itu, hindari untuk membeli sayuran dan buah-buahan yang sudah dipotong dari supermarket ya, Bunda. Ini tidak hanya ada kemungkinan kontaminasi tinggi, tetapi sayuran yang dipotong dan disimpan dalam waktu lama cenderung kehilangan sebagian besar nutrisinya karena terjadinya oksidasi.

13.       Makanan kemasan

Selain makanan tertentu, ibu hamil harus menghindari konsumsi makanan kemasan, beku atau siap saji yang memiliki kandungan natrium tinggi dan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

Makanan kemasan juga mengandung garam dalam jumlah tinggi dan bahan pengawet.

Selain itu, hindari makanan jalanan yang tidak higienis karena menggunakan minyak goreng curah atau pewarna buatan. Zat ini tidak sehat bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Itu dia deretan makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil terutama pada trimester I kehamilan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *