12 Pentingnya Kegunaan Garam Dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Whatsapp
12 Pentingnya Kegunaan Garam Dalam Kehidupan Sehari-hari
12 Pentingnya Kegunaan Garam Dalam Kehidupan Sehari-hari

Garisatu.com – Garam dapur adalah sejenis mineral yang dapat membuat rasa asin. Biasanya kegunaan garam di dapur yang tersedia secara umum adalah Natrium klorida yang dihasilkan oleh air laut. Garam dalam bentuk alaminya adalah mineral kristal yang dikenal sebagai batu garam atau halite. Selain garam dapur, ada pula berbagai jenis garam seperti garam laut, garam Himalaya, garam kosher, dan garam celtic. Tentunya masing masing garam memiliki fungsi yang berbeda. Kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang manfaat dari garam dapur.

Kegunaan garam sendiri telah menjadi bumbu dapur yang penting dari sebuah masakan yang digunakan oleh hampir seluruh orang didunia dari berbagai macam kalangan.

Bacaan Lainnya

Masakan apa saja jika tidak diberi garam, maka akan terasa hambar dan kurang enak untuk dinikmati. Bahkan bisa menurunkan nafsu makan dalam seketika.

Akan tetapi, kegunaan garam memiliki fungsi lain seperti untuk mengawetkan makanan, penambah tekstur, maupun sebagai sumber nutrisi.  Bahkan garam masih bisa digunakan sebagai alternatif bahan yang tidak terfikirkan olehmu.

Seperti yang dilansir dari beberapa sumber, didalam artikel ini akan dijelaskan mengenai beberapa manfaat yang bisa didapat dari garam selain digunakan untuk memasak. Berikut diantaranya.

1.         Mengatasi bau bawang pada tangan

12  Pentingnya Kegunaan Garam Dalam Kehidupan Sehari-hari

Biasanya setelah memotong bawang merah ataupun bawang putih, bau dari bawang akan menempel pada tangan dan sulit untuk dihilangkan.

Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa memanfaatkan kegunaan garam. Pertama, gosok tanganmu dengan menggunakan garam meja, kemudian bersihkan kembali tanganmu dan bau bawang akan ternetralisir.

2.         Mengobati jerawat

12  Pentingnya Kegunaan Garam Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kamu bisa mengobati jerawat dengan menggunakan air garam. Kandungan didalam kegunaan garam akan membuat jerawat mudah menyusut, selain itu, garam juga bisa untuk mengobati luka mulut yang kecil.

3.         Sebagai bahan cat pewarna buatan sendiri

12  Pentingnya Kegunaan Garam Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kamu bisa membuat cat pewarna buatan sendiri dengan kegunaan garam. Campurkan secangkir tepung dengan satu cangkir garam dan air. Kemudian tambahkan beberapa tetes pewarna kedalam campuran ini dan cat pewarna siap digunakan.

4.         Mengkilaukan wastafel

12  Pentingnya Kegunaan Garam Dalam Kehidupan Sehari-hari

Jika kamu menginginkan wastafel yang berkilau, tidak perlu menggunakan pembersih yang mahal untuk mendapatkan wastafel yang berkilau.

Kamu cukup membuat larutan dari air lemon dan garam untuk menyeka wastafel, ini merupakan salah satu kegunaan penting dari garam meja.

5.         Berfungsi sebagai alat pemadam api

Bahkan garam bisa digunakan sebagai alat pemadam kebakaran pada beberapa titik memasak. Seperti contoh ketika memasak makanan yang berminyak. Untuk memadamkan api, cukup menaruh garam diatasnya saja.

6.         Membersihkan setrika

Tunggu sebelum mengganti tapak setrika lamamu yang kotor. Yang harus kamu lakukan adalah menaburkan garam meja di atas kertas cokelat atau permukaan kayu dan menggosokkan tapak setrika panas di atasnya.

12 Pentingnya Kegunaan Garam Dalam Kehidupan Sehari-hari

7.         Mengilapkan bahan tembaga

Untuk menjaga barang-barangmu yang terbuat dari tembaga terlihat bersinar, gosok dengan campuran garam meja, cuka dan tepung. Ini adalah salah satu kegunaan terbaik dari garam meja.

8.         Meredakan gigitan nyamuk

Basahi ujung jarimu dengan air lalu celupkan ke dalam garam meja. Gosokkan ini ke area bekas gigitan nyamuk untuk meredakan gigitan nyamuk.

9.         Membuat lilin yang terbakar tidak menetes

Buat makan malam yang diterangi cahaya lilin sempurna dengan lilin bebas tetesan dengan mencelupkannya ke dalam larutan garam pekat selama beberapa jam. Keringkan dengan baik sebelum digunakan.

10.       Menghilangkan bau sepatu

12  Pentingnya Kegunaan Garam Dalam Kehidupan Sehari-hari

Bau pada sepatu tentu membuat siapa pun menjadi malu. Tak perlu repot-repot mencucinya, taruh saja tas kain penuh garam meja atau taburi sedikit garam ke dalam sepatu. Dalam dua jam, aroma tak sedap di sepatu mampu hilang.

11.       Menjaga kesegaran buah yang dipotong

Salah satu kegunaan terbaik garam meja adalah untuk menjaga kesegaran irisan buah. Taburkan sedikit garam pada irisan buah agar tetap segar tanpa perubahan warna

12.       Pengharum ruangan alami

Ambil setengah cangkir garam meja dan tambahkan beberapa kelopak mawar atau tambahkan sekitar 30 tetes minyak esensial.

Agar lebih alami, taruh campuran garam di atas dengan jeruk yang sudah setengah terkelupas. Cium aroma wangi yang timbul dari hal yang kamu praktikkan.

Itu dia berbagai manfaat dari garam yang masih jarang diketahui.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *