12 Buah Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

  • Whatsapp
12 Buah Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan
12 Buah Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Garisatu.com – Salah satu cara menurunkan berat badan ialah dengan mengganti camilan berkalori tinggi dengan makanan yang lebih sehat atau rendah kalori seperti buah. Ahli gizi Maggie Michalczyk, MS, RD juga mengatakan bahwa buah adalah pilihan yang bagus untuk menurunkan berat badan.

Sebagian besar buah memiliki kandungan air yang tinggi sehingga bisa membantu memberikan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Bacaan Lainnya

Disamping itu, buah juga merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dan meskipunj memiliki rasa yang manis, kandungan gula pada buah ialah gula alami sehingga lebih mudah dikontrol oleh tubuh.

Beda halnya dengan kandungan gula tambahan yang ditemukan pada makanan olahan atau camilan manis. Jenis gula tersebut dapat menyebabkan lonjakan gula darah setelah dikonsumsi.

Namun untuk mendapatkan manfaat manfaat tersebut, buah harus dikonsumsi dengan benar. Hindari mengonsumsi buah yang diberi pemanis tambahan seperti didalam jus.

12 Buah Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Jika ingin minum jus buah, sebaiknya jangan campurkan pemanis tambahan.

Berikut ini ada beberapa jenis buah yang bisa membantu menurunkan berat badan, diantaranya sebagai berikut.

1.         Nanas

12 Buah Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Nanas merupakan buah yang kaya akan vitamin dan mineral. Nanas mengandung lebih banyak vitamin C, mangan, dan antioksidan.

Rasanya yang manis juga bisa membantu memenuhi keinginan untuk mengonsumsi gula. Kamu bisa menambahkan nanas kedalam smoothie atau dimakan secara utuh.

2.         Semangka

12 Buah Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Semangka termasuk buah yang mengandung air yang sangat tinggi, bahkan mencapai 92%. Air dari buah semangka ini bisa membantu memberikan rasa kenyang. Selain itu, didalam semangka juga terdapat antioksidan likopen yang bisa melindungi pria dari kanker prostat.

3.         Jeruk bali

12 Buah Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Sama seperti semangka, jeruk bali juga mengandung jumlah air yang cukup banyak. Ini membantu memberi rasa kenyang pada perut sehingga meminimalisir konsumsi makanan yang berlebihan.

4.         Pir

12 Buah Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Di dalam satu buah pir mengandung sebanyak 6 gram serat yang bisa membantu memberikan rasa kenyang. Pir juga termasuk sumber potassium yakni mineral penting untuk membangun otot yang aktif.

5.         Alpukat

12 Buah Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Buah yang satu ini bagus dalam menurunkan berat badan karena mengandung jenis lemak sehat. Kandungan lemak sehat bisa membantu rasa kenyang untuk bertahan lebih lama.

Tidak hanya itu, alpukat juga mengandung lemak tidak jenuh yang sangat baik bagi jantung. Di dalamnya juga terdapat kandungan vitamin E dan kalium.

6.         Blueberry

Blueberry merupakan sumber serat yang baik sehingga menciptakan rasa kenyang. Buah ini bisa dijadikan camilan yang praktis dan mudah atau ditambahkan kedalam smoothies maupun sebagai topping oatmeal.

12 Buah Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

7.         Raspberry

Sama sepeti blueberry, raspberry juga merupakan sumber serat yang baik. Dalam satu cangkir raspberry mengandung sebanyak 8 gram serat yang bisa mengenyangkan perut.

Terutama jika raspberry dikonsumsi bersama dengan sumber protein lain seperti kacang kacangan atau selai kacang.

8.         Stroberi

Buah yang satu ini rendah kalori dan tinggi nutrisi sehingga bagus untuk menurunkan berat badan. Rasa manis alami dari stroberi juga dapat membantu memenuhi keinginan untuk mengonsumsi makanan yang manis.

9.         Jeruk

Jeruk juga termasuk buah yang rendah kalori dan banyak mengandung vitamin. Jeruk bisa menghidrasi tubuh dan bisa mengenyangkan perut jika dikonsumsi bersama dengan protein.

10.       Apel

Konsumsilah apel dengan kulitnya juga untuk mendapatkan manfaat maksimal. Hal ini karena kulit apel mengandung serat yang cukup tinggi.

Makan apel bersamaan dengan telur rebus atau sepotong daging putih. Ini bisa menjadi camilan yang baik karena mengandung protein dan serat.

11.       Mangga

Mangga juga termasuk sebagai buah yang bisa menurunkan berat badan, karena rendah kalori dan mengandung serat, vitamin C, dan folat.

12.       Pisang

Meski cukup tinggi kalori dibandingkan buah lainnya, kandungan serat yang tinggi pada pisang dapat membantu anda menurunkan berat badan.

Hal ini karena serat mampu membuat Anda cepat kenyang dan merasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi dua buah pisang berukuran sedang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

Meskipun beberapa jenis buah dapat membantu mencapai berat badan ideal, namun bukan berarti anda bisa mengandalkan buah penurun berat badan saja.

Terapkan juga gaya hidup yang sehat, seperti menghindari makanan tinggi kalori, membatasi konsumsi gula, memperbanyak minum air putih, dan rutin berolahraga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *