10 Tips Merawat Bunga Supaya Tidak Cepat Layu

  • Whatsapp
10 Tips Merawat Bunga Supaya Tidak Cepat Layu
10 Tips Merawat Bunga Supaya Tidak Cepat Layu

Garisatu.com – Merawat bunga untuk menyambut perayaan hari kasih sayang atau valentine’s day membuat sebagian orang menerima banyak bunga dari orang orang terkasih. Bunga yang diberikan tentu sangat indah dan akan sangat disayangkan jika dibiarkan mati begitu saja.

Sebatang bunga pun bisa digunakan untuk mempercantik dekorasi ruangan di rumah. Apalagi jika rangkaian bunga, maka bisa menjadi pewangi alami.

Bacaan Lainnya

Namun kecantikan dan fungsi merawat bunga akan hilang jika bunga itu sendiri tidak dirawat dengan baik.

Rossi Della dari Bali Rose mengungkapkan bahwa kualitas bunga berangkat dari cara merawat bunga. Mulai dari masa tanam dengan kualitas bibit dan juga kesuburan tanah.

Lalu masa panen seperti waktu panen yang ternyata bisa mempengaruhi kesegaran bunga, hingga sampai saat bunga dipetik dan dipajang sebagai hiasan.

10 Tips Merawat Bunga Supaya Tidak Cepat Layu

Sebagai pengguna akhir, ada cara yang bisa kamu lakukan supaya merawat bunga tetap cantik hingga 3 sampai 7 hari. namun bila umumnya bunga tahan hingga 3 hari, hanya bunga dari perkebunan di tanah Bedugul yang bisa bertahan hingga 7 hari, klaim Rossi.

Simak cara merawat bunga dibawah ini supaya bisa bertahan lebih lama.

1.         Simpan bunga didalam suhu normal dan konstan

10 Tips Merawat Bunga Supaya Tidak Cepat Layu

Merawat bunga sebaiknya disimpan dalam suhu normal dan tidak drastis. Misalnya untuk pemakaian tertentu (terutama hiasan tata rias), terkadang bunga disimpan didalam lemari es.

Padahal cara ini termasuk keliru karena bisa membuat bunga menjadi layu serta tidak tahan lama, karena ketika perubahan suhu yang drastis saat bunga dikeluarkan dari lemari es dan disimpan dalam suhu ruangan.

Sebaiknya simpan bunga dalam suhu 7 sampai 10 derajat celcius atau 15 hingga 17 derajat celcius.

2.         Hindari terkena sinar matahari langsung

10 Tips Merawat Bunga Supaya Tidak Cepat Layu

Tidak semua tanaman membutuhkan paparan sinar matahari langsung.

Ada beberapa jenis bunga yang tidak tahan dengan sinar matahari, ada pula tanaman yang hanya akan berbunga jika terkena paparan sinar matahari langsung.

Namun umumnya jenis bunga hias termasuk bunga yang tidak tahan terkena paparan sinar matahari langsung.

Seperti misalnya perkebunan Bali Rose, mereka merawat bunga didalam green house untuk menghindari sengatan sinar matahari langsung ke bunga.

3.         Jangan semprotkan air pada bunga

10 Tips Merawat Bunga Supaya Tidak Cepat Layu

Banyak orang yang mengonsumsi jika menyemprotkan air pada bunga merupakan hal baik, namun lagi lagi asumsi ini termasuk salah.

Justru menyemprot air pada bunga yang sudah disimpan didalam vas bisa membuat bunga menjadi lebih cepat layu dan bahkan dengan daya tahan kurang dari sehari saja.

4.         Potong bagian bawah tangkai bunga sebesar 1 cm setiap harinya

10 Tips Merawat Bunga Supaya Tidak Cepat Layu

Ketika bunga disimpan didalam vas yang berisikan air, bagian tangkai paling bawah akan menyerap airnya. Maka jika disimpan semakin lama didalam vas, otomatis bunga akan menyerap air lebih banyak.

Maka dari itu disarankan untuk memotong bagian bawah dari tangkai bunga sebesar 1 cm setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk menghindari bunga menyerap terlalu banyak air yang bisa menyebabkan bunga layu lebih cepat.

5.         Atur air didalam vas bunga

10 Tips Merawat Bunga Supaya Tidak Cepat Layu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bunga tidak baik jika menyerap air yang terlalu banyak, maka kamu juga harus memperhatikan kadar air didalam vas bunga.

Isi air didalam vas bunga sekitar 2 cm dari bagian tangkai paling bawah dan usahakan untuk rutin mengganti air selama 1 sampai 2 hari sekali.

Cara ini bisa menghindari kebusukan pada bagian batang bunga. Batang yang busuk membuat tampilan bunga menjadi kurang segar dan bunga juga menjadi layu lebih cepat.

10 Tips Merawat Bunga Supaya Tidak Cepat Layu

6.         Gunakan air hangat

Taruhlah air hangat pada wadah yang sudah disiapkan untuk menaruh rangkaian bunga. Sesuaikan jumlah air supaya batang tidak terlalu tinggi terendam.

Metode ini sering disebut pengerasan yang membantu untuk memperpanjang umur bunga yang baru dipotong. Molekul air hangat akan lebih cepat terserap saat bunga kehilangan kelembapan.

7.         Potong miring bagian batang bunga dengan pisau yang tajam

Cara simpan bunga segar tahan lama selanjutnya adalah dengan memotong miring batang. Hal ini dimaksudkan supaya memperluas batang dalam menyerap air.

Hindari memotong dengan gunting, karena hasil kemiringannya jadi kurang baik. Sebaiknya gunakan pisau yang benar-benar tajam agar batang tidak menjadi rusak.

8.         Jauhkan dari buah buahan

Menaruh bunga dekat dengan buah di meja makan itu sebaiknya kamu hindari.

Buah-buahan mengeluarkan gas etilen yang dapat mempercepat proses pembusukan bunga, jadi sebaiknya jauhkan bunga cantikmu dari buah-buahan ya.

9.         Gunakan pengawet bunga

Selain air biasa kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan makanan seperti cuka, gula atau jeruk lemon untuk membuat bunga lebih awet.

Cukup sedikit saja kamu campurkan salah satu bahan ini dengan air bersih yang hangat. Ukurannya 2 sdm dengan 1 liter air. Atau jika kamu tidak mau repot, kamu bisa membeli pengawet bunga di toko-toko bunga.

10.       Gunakan hydrogel

Untuk mempercantik penampilan kamu juga bisa gunakan hidrogel yaitu bulatan warna-warni berbentuk kristal yang mampu menyerap dan melepaskan air.

Hidrogel ini berfungsi sebagai cadangan air dan nutrisi pada tanaman sehingga dapat membuat bunga jadi lebih awet.

Itu dia cara simpan bunga segar tahan lama yang bisa kamu terapkan, jadi nggak ragu lagi kan mau menghias ruangan dengan bunga segar.

Ternyata caranya nggak sulit hanya dibutuhkan ketekunan dan ketelitian dalam menjaga kesegaran bunga segar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *