10 Tips Membersihkan Bau Asap Rokok Didalam Rumah

  • Whatsapp
10 Tips Membersihkan Bau Asap Rokok Didalam Rumah
10 Tips Membersihkan Bau Asap Rokok Didalam Rumah

Garisatu.com – Menjadi seorang perokok maka akan dikelilingi oleh asap rokok dimanapun kamu berada. Terkadang meskipun bau asap rokok tidak mengganggu dirimu, namun bau asap rokok ini bisa mengganggu lingkungan dan orang orang sekitarmu. Seperti contoh didalam rumah. Bau dari asap rokok juga cenderung susah untuk dihilangkan dan bahkan bisa menembus ke segala hal seperti contoh ke dinding, furniture, tirai, hingga seluruh ruangan yang dijadikan tempat merokok.

Bau asap rokok ini tentu akan sangat mengganggu terutama bagi anggota rumah yang tidak merokok. Selain membuat rumah menjadi tidak nyaman, aroma bau rokok yang melekat kedalam rumah juga bisa berbahaya bagi kesehatan karena paparan zat berbahaya seperti nikotin dan tar.

Bacaan Lainnya

Untungnya, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau rokok didalam rumah. Berikut ini merupakan cara untuk menghilangkan bau asap rokok dirumah dan membuatnya kembali segar dan bersih.

1.         Buat semuanya sangat bersih

10 Tips Membersihkan Bau Asap Rokok Didalam Rumah

Langkah pertama untuk menghilangkan bau rokok yang menempel ialah dengan membuang sumbernya. Jadi, kamu bisa memulai dengan membersihkan semua asbak didalam rumah.

Pastikan semua puntung rokok sudah padam dengan baik supaya tidak menyebabkan bahaya kebakaran ditempat sampah.

Sedangkan karpet atau permadani, sofa, dan kursi mungkin telah terpapar bau asap rokok, maka berinvestasilah untuk dibersihkan secara professional.

Hal yang sama juga berlaku untuk gorden dan tirai. Kamu juga perlu membersihkan ruangan yang digunakan untuk merokok dengan mengepel lantainya.

2.         Buka semua jendela dirumah

10 Tips Membersihkan Bau Asap Rokok Didalam Rumah

Cara cepat untuk menghilangkan bau asap dari perabotan rumah ialah dengan segera membuka semua jendela.

Penting juga untuk membuka jendela sebelum kamu memulai untuk membersihkan rumah, dengan begitu tetap ada ventilasi jika kamu menggunakan produk pembersih yang bersifat keras.

Dan udara bersih dari luar juga bisa masuk kedalam rumah.

3.         Tingkatkan sirkulasi udara

10 Tips Membersihkan Bau Asap Rokok Didalam Rumah

Gunakan dua ventilator untuk meningkatkan sirkulasi udara dan mempercepat menghilangkan bau asap rokok. Gunakan 1 ventilator untuk mendorong udara ke seberang ruangan.

Tempatkan yang kedua di dekat jendela atau pintu untuk lebih membuang udara pengap.

Kamu juga bisa menggunakan kipas angin yang diletakkan secara strategis di seluruh rumahmu, mengarah ke pintu dan jendela.

Menghidupkan kipas angin tidak hanya akan meningkatkan aliran udara tetapi jika kamu menempatkannya dengan benar, mereka dapat membantu mendorong udara yang berbau lebih cepat.

4.         Taburkan soda kue

10 Tips Membersihkan Bau Asap Rokok Didalam Rumah

Soda kue bisa berfungsi dalam membersihkan banyak hal, dan juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau asap yang sangat efektif.

Ini dilakukan dengan menetralkan molekul bau. Taburkan sedikit soda kue pada semua permukaan yang berbau asap kuat, terutama pada karpet dan permukaan yang dilapisi oleh kain.

Kemudian diamkan selama sehari lalu sedot dengan vacuum cleaner.

5.         Cuci semua kain

10 Tips Membersihkan Bau Asap Rokok Didalam Rumah

Asap rokok bisa menembus segala sesuatu yang terbuat dari kain. Dan satu satunya cara nyata yang bisa dilakukan untuk menghilangkan baunya ialah dengan mencuci barang barang tersebut.

Jadi, pilihlah hari yang cerah untuk mencuci semua linen, tirai, sarung bantal, sarung sofa, pakaian, dan sebagainya.

Biarkan barang barang ini menggantung diluar rumah hingga mongering sembari kamu membersihkan bagian dalam rumah.

10 Tips Membersihkan Bau Asap Rokok Didalam Rumah

6.         Bersihkan hiasan dinding

Jika kamu memiliki hiasan dinding yang terbuat dari wol, kanvas, atau tekstil lainnya, mungkin juga telah menyerap bau asap rokok.

Bersihkan dengan hati-hati dengan sabun lembut, sedikit air dan kain lap dan biarkan di luar hingga kering, sementara itu kamu membersihkan bagian rumah lainnya.

7.         Cuci permukaan keras dengan cuka

Permukaan keras seperti lantai dan meja hanyalah beberapa hal yang harus kamu bersihkan dengan cuka. Dalam hal cara menghilangkan bau rokok, cuka sangat berguna.

Buat larutan dari sekitar? cuka putih suling dan? air dan gunakan ini untuk mencuci semua permukaan yang keras, termasuk dinding. Asap rokok meninggalkan residu berminyak dan cuka akan melarutkannya.

8.         Gunakan ammonia untuk bau yang membandel

Jika ada area di rumahmu di mana bau rokok tampaknya menempel tidak peduli apa yang kamu lakukan, inilah saatnya untuk mengeluarkan senjata besar.

Buat larutan 1 cangkir amonia dengan sekitar 4 liter air hangat dan gunakan untuk menggosok bau membandel itu. Bau amonia akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat.

9.         Bersihkan saluran udara

Saat asap rokok masuk ke saluran udara di rumahmu, asap rokok akan bergerak melalui saluran ini dan menyebar ke seluruh rumah.

Bersihkan saluran untuk memastikan tidak ada sisa asap yang tertinggal yang dapat menyebabkan bau tak sedap.

10.       Nyalakan lilin beraroma

Lilin wangi atau lilin beraroma merupakan cara yang hemat biaya dan antilelah untuk menutupi bau tidak sedap seperti asap rokok.

Kini kamu bisa menemukan banyak jenis lilin beraroma di pasaran. Dan kamu cukup memilih satu sesuai dengan seleramu. Sebagai informasi, cedarwood dan vanilla sangatlah efektif.

Itu dia 10 cara menghilangkan bau asap rokok dari dalam rumah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *