10 Perbedaan Lampu LED dan Lampu Biasa

  • Whatsapp
10 Perbedaan Lampu LED dan Lampu Biasa
10 Perbedaan Lampu LED dan Lampu Biasa

Garisatu.com – Siapa yang tidak mengenal lampu LED ? Lampu LED merupakan produk diode pancaran cahaya (LED) yang kemudian disusun menjadi sebuah lampu. Penggunaan lampu LED semakin banyak digunakan karena dianggap memiliki beberapa kelebihan daripada lampu pijar atau lampu biasa.

Lampu LED termasuk inovasi teknologi canggih dalam bidang pencahayaan. Manfaat yang didapatkan dari menggunakan lampu LED memang tidak bisa dipungkiri lagi.

Bacaan Lainnya

Semua orang membutuhkan lampu LED mulai dari lampu tidur, lampu taman, lampu baca, dan lainnya. Supaya lebih jelas, kami akan membahas kelebihan dan kekurangan lampu LED dibandingkan dengan lampu biasa.

1.         Lampu LED memiliki umur yang lebih panjang

10 Perbedaan Lampu LED dan Lampu Biasa

Lampu LED memang cenderung lebih tahan lama dibandingkan dengan lampu biasa. Setidaknya, lampu LED bisa bertahan 2-4 kali lebih lama dibandingkan lampu jenis lain.

Tepatnya kemampuan bertahan rata rata lampu LED bisa mencapai 50 ribu hingga 100 ribu jam. Berbeda dengan lampu biasa atau lampu CFL.

Lampu CFL akan semakin menurun kualitas pencahayaannya seiring dengan frekuensi penyalaannya. Semakin sering lampu CFL dinyalakan, maka akan terlihat semakin redup.

2.         Lampu LED lebih hemat listrik

10 Perbedaan Lampu LED dan Lampu Biasa

Secara umum, lampu LED menggunakan listrik yang lebih sedikit dibandingkan dengan jenis lampu biasa lain. Banyak studi yang menunjukkan bahwa lampu LED bisa mengefisienkan penggunaan energi hingga sebanyak 60 sampai 70 persen lebih baik daripada jenis lampu lain.

Maka tidak heran jika banyak kendaraan yang menggunakan lampu LED speedometer untuk menghemat listrik. Lampu LED 3 W dikatakan setara dengan lampu pijar 40 W.

3.         Lampu LED lebih ramah lingkungan

10 Perbedaan Lampu LED dan Lampu Biasa

Karena penggunaan energi yang lebih rendah pada lampu LED, membuat lampu LED lebih ramah lingkungan. Selain itu, lampu LED juga tidak menggunakan merkuri secara internal serta tidak menggunakan material tungsten ataupun gas halogen sehingga membuat lampu LED tidak berbahaya bagi lingkungan.

Bahan yang digunakan pada lampu LED lebih tahan pecah dibandingkan lampu CFL dan lampu pijar biasa, sehingga lampu LED lebih aman digunakan dibandingkan lampu biasa.

4.         Lampu LED kompatibel dengan teknologi dim

10 Perbedaan Lampu LED dan Lampu Biasa

Lampu LED sangat kompatibel dengan teknologi dimming karena pada dasarnya lampu LED berfungsi pada persentase yang bisa ditentukan (0 sampai 100%).

Jadi, jika kamu ingin memanfaatkan fitur dim seperti untuk lampu tidur, gunakan switch yang memungkinkan untuk dimming lampu.

5.         Lampu LED memiliki desain yang lebih fleksibel

10 Perbedaan Lampu LED dan Lampu Biasa

Bentuknya yang cenderung kecil dan minimalis membuat lampu LED lebih fleksibel untuk ditempatkan dimana saja, mulai dari digantung hingga ditaruh begitu saja di meja atau bahkan menjadi lampu tempel.

Kebutuhan penerangan apapun bisa terpenuhi dengan menggunakan lampu LED tanpa mengorbankan estetika ruangan.

10 Perbedaan Lampu LED dan Lampu Biasa

6.         Lampu LED memiliki daya render (CRI) yang baik

10 Perbedaan Lampu LED dan Lampu Biasa

Color rendering index (CRI) merupakan daya lampu dalam menunjukkan warna warna asli dari sebuah objek ketika dibandingkan dengan sumber cahaya atau cahaya alami.

Secara umum, lampu LED memiliki nilai CRI yang lebih baik daripada lampu jenis lain.

7.         Lampu LED adaptif terhadap cuaca

10 Perbedaan Lampu LED dan Lampu Biasa

Lampu LED terkenal sangat adaptif terhadap kondisi cuaca apapun. LED bisa beroperasi pada situasi temperature berkisar sangat luas tanpa tingkat degradasi yang signifikan pada lampu.

Fakta inilah yang membuat lampu LED banyak dijadikan sebagai lampu taman.

8.         Lampu LED beroperasi dengan voltase rendah

10 Perbedaan Lampu LED dan Lampu Biasa

Lampu LED bisa beroperasi tanpa menuntut penggunaan voltase yang tinggi. Kebutuhan voltase yang rendah pastinya akan sangat berpengaruh pada efisiensi penggunaan listrik.

Hal ini juga membuat lampu LED cocok sebagai lampu outdoor.

9.         Lampu LED tidak memproduksi emisi UV

10 Perbedaan Lampu LED dan Lampu Biasa

Berbeda dengan jenis lampu lainnya, lampu LED hanya memproduksi cahaya spektrum kacamata dan spektrum infrared, bukan UV.

Hal ini tentunya membuat lampu LED bisa menghindarkan penggunaannya dari bahaya bahaya yang bisa disebabkan oleh sinar UV kepada kulit.

Ini yang membuat lampu LED populer untuk dijadikan sebagai lampu belajar.

10.       Lampu LED lebih terjamin keamanannya

Tidak banyak yang tahu jika lampu LED memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan jenis lampu lain.

Lampu LED hampir tidak mengeluarkan daya panas. Hal ini sangat berbeda dengan lampu jenis lain yang menggunakan 90% daya untuk mengeluarkan daya panas.

Voltase lampu LED yang kecil juga meminimalisir resiko resiko terkait penggunaan listrik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *