10 Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

  • Whatsapp
10 Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes
10 Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Garisatu.com – Setiap orang yang menderita penyakit perlu diberi perhatian khusus atas asupan makanannya. Termasuk penderita diabetes. Makanan yang baik bagi penderita diabetes penting untuk kita kenali supaya penyakit tidak semakin parah.

Untuk mencari tahu makanan terbaik yang cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes memang susah susah gampang.

Bacaan Lainnya

Itu dikarenakan tujuan utama kita ialah mengontrol kadar gula darah pada penderita, sedangkan ada banyak makanan yang bisa menimbulkan efek lonjakan gula darah.

10 Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Namun meskipun susah, kita tetap harus memahami makanan apa saja yang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes supaya diabetes tidak menjadi komplikasi.

Berikut ini adalah beragam makanan yang direkomendasikan, baik untuk penderita diabetes tipe 1 maupun 2.

1.         Ikan berlemak

10 Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Ikan berlemak seperti ikan salmon,sarden, hering, dan makarel merupakan sumber asam lemak omega 3 DHA dan EPA yang memiliki manfaat besar bagi Kesehatan jantung.

Mendapatkan asupan lemak itu secara cukup sangat penting bagi penderita diabetes.

DHA dan EPA berfungsi melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah Anda, mengurangi penanda peradangan dan dapat membantu memperbaiki cara fungsi arteri Anda.

2.         Sayuran hijau

Sayuran hijau yang dimaksud ialah sayuran yang berdaun hijau. Sayuran jenis ini biasanya sangat bergizi dan rendah kalori.

10 Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Sayuran ini juga sangat rendah kandungan karbohidrat yang dapat dicerna atau karbohidrat yang diserap oleh tubuh, sehingga tidak akan mempengaruhi kadar gula darah secara signifikan.

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan lainnya merupakan sumber vitamin dan mineral, termasuk vitamin C yang baik bagi penderita diabetes.

3.         Alpukat

10 Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Buah alpukat memiliki kurang dari 1 gram gula, sedikit karbohidrat dan memiliki kandungan serat yang tinggi, serta lemak sehat.

Jadi tidak perlu khawatir jika alpukat bisa meningkatkan kadar gula darah.

Mengonsumsi alpukat juga dikaitkan dengan peningkatan kualitas makanan secara keseluruhan dan secara signifikan bisa menurunkan berat badan serta indeks massa tubuh (BMI).

Ini menjadikan alpukat sebagai camilan yang ideal untuk penderita diabetes, terutama karena obesitas bisa meningkatkan peluang Anda untuk mengembangkan diabetes. 

4.         Telur

10 Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Telur merupakan salah satu makanan terbaik untuk membuat anda kenyang dan puas diantara waktu makan.

Mengonsumsi telur secara teratur juga mampu mengurangi risiko penyakit jantung Anda dengan beberapa cara.

Telur di antaranya bisa berperan dalam mengurangi peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dan mengubah ukuran dan bentuk kolesterol LDL (jahat).

5.         Biji chia

Biji chia bisa dikatakan sebagai makanan yang luar biasa bagi penderita diabetes.

Biji chia sangat kaya akan kandungan serat, namun rendah karbohidrat yang dapat dicerna.

Serat kental dalam biji chia sebenarnya mampu menurunkan kadar gula darah anda dengan memperlambat laju makanan bergerak melalui usus Anda dan diserap.

Biji chia juga bisa membantu Anda mencapai berat badan yang sehat karena serat bisa mengurangi rasa lapar dan membuat Anda merasa kenyang.

Pada penderita diabetes, biji chia bisa membantu mempertahankan manajemen glikemik.

10 Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

6.         Biji bijian

Biji bijian yang berasal dari tumbuhan polong polongan seperti kacang merah, kacang polong, dan kedelai merupakan makanan terjangkau yang sarat akan gizi dan sangat sehat.

Banyak jenis biji-bijian terbukti kaya akan vitamin B, mineral bermanfaat (kalsium, kalium, dan magnesium), dan serat.

Biji-bijuan juga cenderung memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, yang penting dalam menangani diabetes.

7.         Yoghurt

Bagi penderita diabetes, Greek yoghurt merupakan pilihan produk susu yang bagus.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi produk susu tertentu seperti yogurt bisa meningkatkan manajemen gula darah dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung, mungkin sebagian karena probiotik yang dikandungnya.

8.         Kacang-kacangan

10 Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Kacang memang merupakan makanan yang bergizi. Semua jenis kacang cenderung mengandung serat dan rendah akan karbohidrat bersih, meskipun beberapa lainnya memiliki lebih banyak karbohidrat.

Penelitian tentang berbagai kacang yang berbeda telah menunjukkan bahwa konsumsi rutin dapat mengurangi peradangan dan menurunkan gula darah, HbA1c (penanda untuk manajemen gula darah jangka panjang) dan kadar kolesterol jahat (LDL).

Kacang-kacangan juga dapat membantu penderita diabetes meningkatkan kesehatan jantung mereka.

9.         Brokoli

10 Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Salah satu jenis sayuran yang paling bergizi ialah brokoli.

Dalam setengah cangkir brokoli yang dimasak hanya mengandung 27 kalori dan 3 gram karbohidrat yang dapat dicerna, bersama dengan nutrisi penting seperti vitamin C dan magnesium.

Terlebih lagi, penelitian yang dilakukan pada penderita diabetes telah menemukan bahwa dengan mengonsumsi kecambah brokoli mampu membantu menurunkan kadar insulin dan melindungi dari kerusakan sel.

10.       Minyak zaitun

10 Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Minyak zaitun extra virgin sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Minyak ini mengandung asam oleat, sejenis lemak tak jenuh tunggal yang telah terbukti dapat meningkatkan manajemen glikemik, mengurangi kadar trigliserida puasa dan pascamakan, serta memiliki sifat antioksidan.

Hal ini penting karena penderita diabetes cenderung mengalami kesulitan dalam mengatur kadar gula darah dan memiliki kadar trigliserida yang tinggi.

Asam oleat juga dapat merangsang hormon kepenuhan atau hormon anti-lapar GLP-1. Dalam analisis besar dari 32 penelitian yang mengamati berbagai jenis lemak, minyak zaitun adalah satu-satunya yang terbukti mengurangi risiko penyakit jantung.

Minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang disebut polifenol.

Itu dia 10 makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *