10 Makanan Pengganti Nasi Yang Baik Ketika Diet

  • Whatsapp
10 Makanan Pengganti Nasi Yang Baik Ketika Diet
10 Makanan Pengganti Nasi Yang Baik Ketika Diet

Garisatu.com – Makanan pengganti nasi? Karbohidrat memang diperlukan tubuh senagai sumber energi, dan paling umum kita jumpai karbohidrat ialah didalam nasi. Namun kandungan pada nasi ini juga perlu diwaspadai karena bisa meningkatkan resiko diabetes dan menaikkan berat badan. Karena itu, beberapa program diet saat ini kebanyakan merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi nasi namun menggantinya dengan sumber karbohidrat lain, yang lebih sehat.

Perlu untuk diketahui, makanan yang lezat dan mengenyangkan tidak selalu harus berupa nasi. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi dalam menu harian.

Bacaan Lainnya

1.         Pisang

10 Makanan Pengganti Nasi Yang Baik Ketika Diet

Pisang juga termasuk buah yang kaya akan karbohidrat sehingga bisa disebut sebagai pengganti nasi. Dalam satu buah pisang, kadar karbohidratnya bisa mencapai 23% dari total nutrisi.

Hal ini membuat pisang sering dijadikan sebagai makanan pokok di negara negara benua Afrika dan Amerika Selatan.

Buah kuning ini juga tinggi akan kalium, vitamin B6 dan vitamin C. Kandungan kalium tersebut dipercaya bisa menurunkan tekanan darah dan baik bagi kesehatan jantung.

Bahkan pisang yang belum matang yang masih muda atau berwarna hijau pun bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi yang sehat.

Sebab dalam keadaan yang masih mentah, pisang memngandung pektin dan pati yang sangat baik dalam menjaga keseimbangan bakteri baik didalam saluran pencernaan.

2.         Ubi

10 Makanan Pengganti Nasi Yang Baik Ketika Diet

Ubi atau biasa dikenal sebagai ubi jalar cocok dijadikan makanan pengganti nasi ketika kamu sedang diet. Karena karbohidrat pada ubi mengandung lebih banyak serat dan lebih sedikit gula.

Dalam ubi yang sudah diolah mengandung sekitar 18-21% karbohidrat dan juga kaya akan provitamin A, vitamin C, dan kalium.

Makanan ini juga mengandung antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit.

3.         Jagung

10 Makanan Pengganti Nasi Yang Baik Ketika Diet

Masyarakat di sebagian wilayah Indonesia menjadikan jagung sebagai makanan pokok mereka. Hal ini tidak mengherankan sebab jagung memang bisa mengenyangkan.

Dalam 100 gram jagung sudah terkandung 25 gram karbohidrat dan sekitar 3,5 gram protein, juga serat, vitamoin C, dan antioksidan.

Namun pastinya mengonsumsi jagung yang segar dan bukan kalengan karena jagung kalengan sudah melalui pemrosesan sehingga kadar nutrisi didalamnya berkurang dan mengandung pengawet serta bahan kimia lainnya.

4.         Kacang merah

10 Makanan Pengganti Nasi Yang Baik Ketika Diet

Dalam kacang merah yang sudah dimasak mengandung 22,8% karbohidrat dalam bentuk pati dan serat.

Makanan ini juga kaya akan protein dan berbagai kandungan vitamin, mineral, serta antioksidan didalamnya membuat kacang merah dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah, dan mengurangi resiko kanker usus besar.

Tapi ingat, jika ingin mengonsumsi kacang merah, pastikan Anda sudah memasaknya dengan baik. Sebab menurut penelitian, mengonsumsi kacang merah yang kurang matang bisa memicu keracunan pada beberapa orang.

5.         Kentang

10 Makanan Pengganti Nasi Yang Baik Ketika Diet

Kentang kerap dianggap sebagai sumber karbohidrat yang harus dihindari, padahal kentang merupakan sumber kalium dan vitamin C yang baik bagi tubuh.

Kulit kentang mengandung sekitar 4 gram serat, yang bisa memeuhi 15% kebutuhan serat harian. Yang menjadikan kentang menjadi ‘kurang sehat’ untuk dikonsumsi ialah cara pengolahannya.

Sebaiknya hindari kentang yang digoreng atau diolah dengan banyak garam dan bahan lain yang kurang sehat. Sebagai alternatif, kamu bisa mengolah kentang dengan memanggangnya mengunakan sedikit minyak zaitun dan rempah rempah.

10 Makanan Pengganti Nasi Yang Baik Ketika Diet

6.         Kacang polong

Kandungan karbohidrat dalam kacang polong memang cukup tinggi. Tapi tidak hanya itu, kacang polong adalah jenis makanan yang juga bisa menjadi sumber fitonutrien, dengan sifat antiperadangan serta antioksidan, yang baik untuk tubuh.

7.         Kembang kol

Kembang kol, bisa Anda olah menjadi “nasi” yang sehat dan kaya serat. Anda cukup memotong kembang kol menjadi kecil-kecil dan menghaluskannya di blender atau food processor (tanpa air), hingga bentuknya menyerupai nasi.

Setelah itu, Anda cukup menumisnya dengan minyak zaitun selama 5-8 menit hingga empuk. Maka, jadilah makanan pengganti nasi yang hanya mengandung 25 kalori dan 5 gram karbohidrat.

8.         Oats

Biji-bijian seperti oats yang terbuat dari gandum utuh, kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan. Oats yang mentah, mengandung 66% karbohidrat dan 11% di antaranya adalah serat.

Berbeda dari nasi yang tidak dianjurkan untuk penderita diabetes, oats dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol di tubuh. Hal ini menjadikan oats sebagai makanan pengganti nasi yang sehat.

9.         Quinoa

Popularitas akan manfaat quinoa akhir-akhir ini terus meningkat, terutama pada orang-orang yang sedang menjalani gaya hidup sehat atau ingin menurunkan berat badan.

Kandungan karbohidrat pada quinoa memang tinggi, namun makanan ini rendah kalori sekaligus kaya akan protein dan serat.

Quinoa juga tidak mengandung gluten, dan bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Anda juga bisa mengolahnya layaknya Anda mengolah nasi putih. Memasaknya dengan bumbu nasi goreng pun bisa menjadi pilihan.

10.       Shirataki

Untuk Anda yang ingin berhenti mengonsumsi nasi putih, Shirataki bisa menjadi pilihan yang sehat. Anda bisa menemui makanan ini dalam bentuk kemasan sebagai mie atau nasi shirataki.

Shirataki dibuat dari glucomanan, jenis serat yang didapat dari akar tanaman konnyaku.Shirataki adalah makanan rendah kalori dan sebagian besar kandungannya terdiri dari air.

Sehingga, makanan ini cocok untuk Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *