10 Kesalahan Ini Membuat Mashed Potatomu Menjadi Gagal

  • Whatsapp
10 Kesalahan Ini Membuat Mashed Potatomu Menjadi Gagal
10 Kesalahan Ini Membuat Mashed Potatomu Menjadi Gagal

Garisatu.com – Sumber karbohidrat sehari hari kita tidak hanya berasal dari nasi saja, namun bisa juga kita dapatkan dari kentang. Kentang juga kerap menjadi alternatif pengganti nasi bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Kentang sendiri pun bis akita olah menjadi sangat banyaj macam hidangan mulai dari kentang rebus, kentang goreng, kentang balado, mashed potato, harsh brown, perkedel, dan lain sebagainya.

Semua hidangan yang disebutkan kerap menjadi favorit sebagian orang karena memang memiliki cita rasa yang lezat. Namun kali ini kita akan membahas tentang mashed potato.

Bacaan Lainnya

Sebab, untuk membuat mashed potato yang lezat tidak semudah yang kamu bayangkan lho. Untuk membuat mashed potato kita butuh memperhatikan detil detilnya supaya mendapatkan hasil yang sempurna.

Ada beberapa kesalahan yang kerap tidak kita perhatikan ketika membuat mashed potato yang menjadikannya tidak seenak restoran restoran. Simak dibawah ini.

1.         Menambahkan semua air sekaligus

10 Kesalahan Ini Membuat Mashed Potatomu Menjadi Gagal

Jumlah air yang dibutuhkan dalam setiap masakan memang berbeda beda. Kamu bisa menuangkan air secara perlahan.

Cara ini bertujuan supaya kentang tidak berair, namun tetap lembab. Jika kamu menambahkan air kedalam adonan kentang dalam jumlah yang banyak sekaligus, kamu akan kesulitan dalam menguranginya.

Alhasil kemungkinan besar kentang akan mengandung terlalu banyak air.

2.         Memasak kentang dengan kematangan tidak sempurna

10 Kesalahan Ini Membuat Mashed Potatomu Menjadi Gagal

Jika kamu terlanjur mengangkat kentang yang belum matang secara sempurna, kamu bisa meletakkannya didalam loyang kemudian lanjut memasaknya didalam oven dengan suhu yang rendah.

Panas dari oven akan membuat kentang menjadi lembut

3.         Memasak kentang terlalu matang

Tidak jarang pula orang memasak kentang hingga terlalu matang. Yang menjadi permasalahan ketika kentang terlalu matang ialah kandungan airnya yang begitu banyak.

Sehingga, ketika akan dijadikan mashed potato, adonan menjadi lebih pekat dan sulit dibentuk.

Kamu bisa memperbaikinya dengan meletakkan ke dalam panci di atas api kecil. Kelebihan air tersebut akan berubah menjadi uap.

4.         Memblender kentang

Ada orang yang berasumsi bahwa dengan memblender kentang bisa memberikan tekstur mashed potato yang diinginkan.

Dan memblender kentang juga menjadi jalan pintas yang mudah dilakukan. Namun jangan tergoda dengan langkah ini karena blender akan membuat kentang seakan berbau tepung.

Kamu bisa menumbuknya secara manual, hingga menghasilkan kentang yang halus dan tidak lemas.

5.         Menggunakan jenis kentang yang salah

Terdapat dua jenis kentang yang bisa kamu jadikan mashed potato. Yakni kentang russets dan yukon gold. Jika kamu ingin menumbuknya dengan ringan, maka pilihlah kentang russets.

Sebaliknya, jika kamu menginginkan kentang bertekstur padat, kentang yukon akan menjadi pilihan yang tepat

10 Kesalahan Ini Membuat Mashed Potatomu Menjadi Gagal.

6.         Mencoba membuatnya dengan ubi jalar

10 Kesalahan Ini Membuat Mashed Potatomu Menjadi Gagal

Menumbuk ubi jalar memang menyenangkan dan rasanya juga manis. Tapi tanpa disadari ini malah akan semakin berat.

Jika kamu ingin menggunakan ubi jalar, kamu bisa mencampurnya dengan kentang russets. Dengan begitu kamu tetap mendapatkan hasil mashed potato yang manis dan mengembang.

7.         Tidak memberi garam dalam air rebusan

Membumbui air rebusan sangatlah penting. Terutama pemberian garam.

Jangan takut keasinan, kamu bisa menambahkan garam dan bumbu sesuai selera, pemberian bumbu ini tentu akan membuat rasa kentangmu menjadi jauh lebih lezat dibandingkan merebusnya secara plain.

8.         Tidak memasak kentang dalam air mendidih

Terkadang kita berfikir merebus kentang bersamaan dengan air sekaligus akan menghemat waktu. Ternyata pemikiran ini salah.

Memasak kentang dalam air yang belum mendidih akan menyebabkannya keras pada dagingnya. Sebaiknya kamu memasak dalam air asin yang mendidih.

9.         Menambahkan mentega dan susu dingin pada kentang yang masih panas

Menambahkan bahan dingin ke kentang panas tidak akan menurunkan suhu. Justru, kentang tak akan bisa menyerap cairan.

Kamu harus memanaskan mentega dan susu dalam panci sebelum menambahkannya ke mash. Kentang Anda akan menyerap lebih banyak cairan dan berubah menjadi lebih creamy.

10.       Jangan sampai kekurangan bumbu

Mashed potato mengandung lemak dan tepung. Keduanya membutuhkan garam yang lebih banyak. Kamu bisa menambahkannya sedikit demi sedikit. Rasa asin akan meningkatkan rasa lainnya.

Itu dia 10 tips dalam memasak mashed potato. Semoga kamu bisa mendapatkan mashed potato yang lezat dan nikmat sesuai keinginanmu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *