10 Hal Akibat Terlalu Lama WFH, Waspadalah!

  • Whatsapp
10 Hal Akibat Terlalu Lama WFH, Waspadalah!
10 Hal Akibat Terlalu Lama WFH, Waspadalah!

Garisatu.com – Kebijakan untuk kembali WFH atau Work From Home kembali diterapkan kepada karyawan karyawan dikarenakan lonjakan kasus Covid-19. Kebijakan ii diterapkan terutama pada kota kota besar layaknya Ibu Kota. Terlalu lama WFH sendiri pun mendatangkan hal positif dan negative bagi masing masing individu.

Bagi yang tidak terbiasa work from home akan terasa sulit dalam bekerja sebab semuanya hanya bisa dilakukan melalui gadget saja.

Bacaan Lainnya

Tetapi bagi beberapa orang, tentunya terlalu lama WFH akan sangat nyaman karena tidak perlu lagi berdandan rapi ke kantor dan bisa memiliki waktu istirahat yang lebih banyak.

Tetapi, jangan sampai kamu malah keenakan lho, sebab terlalu lama WFH bisa memicu berbagai masalah Kesehatan.

Saat terlalu lama WFH kita akan lebih fleksibel dalam bekerja. Hal ini kemudian membuat kita ‘lupa’ dan melakukan kebiasaan kebiasaan yang berdampak buruk bagi Kesehatan, seperti :

1.         Makan dan ngemil berlebihan

10 Hal Akibat Terlalu Lama WFH, Waspadalah!

Hal ini bisa sangat rentan terjadi pada orang yang terlalu lama WFH, kamu tentu bisa dengan mudah bekerja sambil makan atau mengemil.

Banyak kondisi juga memungkinkan kamu untuk ngemil berlebih selama WFH, seperti rasa bosan, atau rasa mumet akibat pekerjaan yang banyak.

Kebiasaan ini jika dilakukan terus menerus maka berdampak tidak baik lho.

2.         Malas berolahraga

10 Hal Akibat Terlalu Lama WFH, Waspadalah!

Jika tidak WFH, maka alasan seseorang tidak berolahraga ialah sibuk dalam rutinitas sehari hari dan tidak memiliki waktu, lantas setelah diterapkan WFH, tidak sedikit juga orang yang malah merasa terlalu malas untuk berolahraga.

Tidak berolahraga saat terlalu lama WFH dinilai lebih buruk sebab kamu benar benar tidak ada aktifitas lain selain dirumah saja.

3.         Sering tidur siang

10 Hal Akibat Terlalu Lama WFH, Waspadalah!

Saking fleksibelnya jam kerja, membuat kamu bisa kapan saja tidur siang. Namun perlu kamu perhatikan terutama jika terlalu sering tidur siang setelah makan, hal ini bisa mengundang beberapa masalah Kesehatan.

4.         Terus menatap layar

10 Hal Akibat Terlalu Lama WFH, Waspadalah!

Memang tidak semua orang bisa leluasa saat terlalu lama WFH, karena tuntutan pekerjaan yang memang harus diselesaikan.

Dalam kasus ini, kamu mungkin akan seringa tau bahkan duduk menatap layar terus menerus tanpa istirahat.

Padhaal kebiasaan ini pun bisa membahayakan mata dan Kesehatan. Meskipun ada deadline yang harus dikejar, usahakan untuk mengistirahatkan tubuh sejenak ya.

5.         Terlalu lama duduk

10 Hal Akibat Terlalu Lama WFH, Waspadalah!

Satu lagi kebiasaan terlalu lama WFH yang membahayakan ialah duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama bisa berefek pada pinggang, punggung, hingga kaki Anda.

Jadi jangan anggap remeh dan berdirilah dalam selang waktu tertentu agar tidak ada masalah akibat duduk terlalu lama.

10 Hal Akibat Terlalu Lama WFH, Waspadalah!

Kebiasaan kebiasaan diatas tanpa disadari bisa mengundang masalah Kesehatan seperti di bawah ini.;

1.         Depresi

10 Hal Akibat Terlalu Lama WFH, Waspadalah!

Ketika bekerja dari rumah, kita juga terbatas dalam melakukan pekerjaan kita. Sebab semuanya hanya bisa dilakukan lewat layar.

Hal ini bagi sebagian orang cukup memusingkan. Keadaan ini membuat seakan-akan Anda bekerja tanpa rekan dan bantuan.

Akhirnya Anda merasa kehilangan dukungan untuk bekerja dan hanya sendirian berjuang. Kemudian bisa memicu stress bahkan depresi karena membuat seseorang merasa tertekan secara mental. 

2.         Diabetes dan obesitas

10 Hal Akibat Terlalu Lama WFH, Waspadalah!

Tidak sedikit para pekerja yang terlalu lama WFH berakhir mengidap diabetes, ini karena pola makan yang cenderung menjadi tidak sehat selama WFH.

Berkaitan dengan kebiasaan menyemil sambil bekerja, dan makanan yang menjadi cemilan pun cenderung tidak sehat, mulaidari junk food, atau makanan dengan kandungan gula yang cukup tinggi.

Ditambah dengan tidak rutin berolahraga, maka resiko obesitas pun meningkat.

3.         Gangguan kecemasan

10 Hal Akibat Terlalu Lama WFH, Waspadalah!

Tanpa kita sadari, pada sebagian orang rasa cemas lebih mudah datang ketika sedang bekerja dari rumah. Hal ini dikarenakan keterbatasan ketika terlalu lama WFH membuat anda berfikir anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik atau merasa tidak bisa memenuhi target.

Rasa cemas bisa juga muncul ketika Anda merasa pekerjaan Anda tidak dapat diketahui progresnya oleh atasan Anda, atau sebaliknya bagi para atasan, kecemasan muncul karena keraguan akan kinerja bawahan selama kerja dari rumah.

Semua pikiran-pikiran buruk yang muncul itu akhirnya bisa membuat Anda berakhir tidak bisa mengendalikan kecemasan dan berakibat buruk untuk kesehatan Anda juga.

4.         Gangguan penglihatan

10 Hal Akibat Terlalu Lama WFH, Waspadalah!

Kebiasaan duduk berlama lama menatap layar pastinya akan berdampak buruk pada Kesehatan mata anda. Mata Anda bisa mengalami dampak dari terkena sinar gadget terus menerus.

Salah satu masalah penglihatan yang umum terjadi selama WFH adalah Computer Vision Syndrome.

Gangguan penglihatan yang satu ini ditunjukkan dengan gejala mata kering, iritasi, dan juga kemerahan.

Bahkan mungkin Anda juga bisa mengalami sakit kepala luar biasa. Jadi waspadalah.

5.         Sakit punggung

10 Hal Akibat Terlalu Lama WFH, Waspadalah!

Penyakit ini yang juga umum dirasakan oleh para pekerja yang WFH. Disebabkan karena terlalu lama duduk. Punggung menjadi tempat di mana sendi-sendi menopang tubuh ketika Anda terus duduk saat bekerja.

Selama kerja di rumah, Anda pasti jarang sekali bergerak sehingga sendi-sendi di punggung pun kaku dan berakhir nyeri. Setidaknya 71% pekerja yang WFH mengeluhkan masalah berupa sakit punggung ini.

Itu dia kebiasaan buruk yang harus di waspadai selama WFH, kita perlu menyadarinya supaya tidak menimbulkan masalah Kesehatan yang tidak diinginkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *