#1 Perbedaan Eau De Parfum Dan Eau De Toilette

  • Whatsapp
#1 Perbedaan Eau De Parfum Dan Eau De Toilette
#1 Perbedaan Eau De Parfum Dan Eau De Toilette

Garisatu.com – Eau De Parfum dan Eau De Toilette? Bedanya apa ya? Menggunakan parfum menjadi kegemaran tersendiri bagi sebagian orang. Selain bisa menambah rasa percaya diri, mencium aroma wangi ditubuh kita juga bisa membantu menenangkan suasana hati. Tetapi tidak semua jenis parfum bisa menemani kamu sepanjang hari. Ada begitu banyak macam dan jenis parfum yang diedar di pasaran, tidak hanya wanginya saja yang beragam, namun jenisnya juga beragam.

Ketika hendak membeli parfum, pernahkah kamu mengamati tulisan yang tertera pada botolnya? Umumnya mungkin kamu akan sering menemukan eau de parfum (EDP) dan eau de toilette (EDT). Kedua istilah ini tidak hanya tertera begitu saja namun memang memiliki makna khusus.

Bacaan Lainnya

Eau de parfum dan eau de toilette berasal dari bahasa Perancis dan di balik istilah itu menjelaskan arti yang sangat spesifik mengenai jenis, konsentrasi wewangian, harga, serta ketahanan masa pakai parfum.

Kategori EDP ataupun EDT merupakan kategori yang harus kamu perhatikan ketika hendak membeli parfum. Pembeda utama dari kedua kategori ini terletak pada essential oil yang terkandung didalam setiap wewangian. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan dibawah ini.

Eau de Parfum

#1 Perbedaan Eau De Parfum Dan Eau De Toilette

EDP merupakan jenis wewangian untuk tubuh yang paling umum atau paling sering ditemukan dipasaran. Harganya pun bervariasi mulai dari yang terjangkau hingga harga yang mahal yang dijual oleh beberapa merek wewangian.

Pada dasarnya, eau de parfum merupakan jenis wewangian yang lebih kuat dibandingkan dengan eau de toilette, karena memiliki konsentrasi minyak yang lebih tinggi yakni sekitar 15 sampai dengan 20%.

Nah, karena konsentrasi minyak esensial yang lebih tinggi membuat eau de parfum memiliki aroma yang lebih menyengat dan lebih tahan lama dibandingkan dengan eau de toilette.

#1 Perbedaan Eau De Parfum Dan Eau De Toilette

Ketahanan aroma EDP bisa bertahan hingga 4 sampai 5 jam. Maka jenis ini sangat cocok digunakan untuk aktivitas yang padat atau pemakaian sehari hari.

Konsentrasi EDP cenderung kental dan berminyak, menyebabkan EDP lebih banyak dikemas didalam botol sumbat dan bukan botol semprotan.

Metode pengemasan ini juga bertujuan untuk mengontrol banyaknya parfum yang akan digunakan supaya wanginya tidak terlalu menyengat untuk disemprotkan kemana mana.

Selain itu, cara menggunakan wewangian EDP juga perlu diperhatikan supaya aromanya bisa benar benar keluar.

Penggunaannya cukup dioleskan sedikit saja pada titik titik denyut nadi seperti pada pergelangan tangan bagian dalam, didalam siku, leher, belakang telinga atau belakang lutut.

Titik titik tersebut akan cenderung menghasilkan suhu panas tubuh lebih tinggi sehingga membantu penyebaran aroma parfum ke seluruh tubuh.

Sebaiknya, oleskan pelembap atau lotion yang bisa menjaga kondisi kelembapan kulit kamu sebelum menggunakan wewangian jenis EDP.

Kondisi lembap pada permukaan kulit dapat menahan aroma parfum lebih lama dibandingkan hanya menggunakannya secara langsung pada kulit kering.

Eau de toilette

#1 Perbedaan Eau De Parfum Dan Eau De Toilette

Jangan sampai kamu salah kaprah dalam menilai wewangian berlabel eau de toilette ini. Sebab ini merupakan wewangian untuk tubuh dan bukan pengharum ruangan ataupun untuk toilet.

Seperti yang dibahas sebelumnya, eau de toilette juga termasuk wewangian untuk tubuh namun memiliki aroma yang lebih ringan jika dibandingkan dengan EDP.

Jenis jenis aroma EDT biasanya menyegarkan dan memberikan kesan ceria sehingga juga cocok untuk digunakan sehari hari.

Pada EDT, kadar alkoholnya lebih tinggi dibandingkan dengan kadar minyaknya. EDT memiliki konsentrasi minyak yang berkisar 5 sampai 15 persen saja.

#1 Perbedaan Eau De Parfum Dan Eau De Toilette

Ini juga yang menyebabkan EDT memiliki harga yang jauh lebih murah. Karena memiliki kadar alcohol yang lebih tinggi, membuat jenis wewangian ini lebih cepat menguap dan ketahanan aromanya sekitar 2 sampai 3 jam saja.

Wewangian EDT biasanya dikemas dalam botol spray karena teksturnya yang ringan dan lebih encer dibandingkan dengan EDP.

Pemakaiannya bisa disemprotkan ke seluruh bagian tubuh atau hanya di titik-titik denyut nadi. Untuk mendapatkan wangi yang maksimal dari EDT, kamu dapat menggunakannya di bagian tubuh seperti pergelangan tangan, sisi kanan dan kiri leher, serta belakang siku.

Setelah mengetahui perbedaan eau de parfum dan eau de toilette, mungkin kamu bertanya-tanya wewangian mana dan produk parfum seperti apa yang paling sesuai untukmu.

Kamu bisa memilih di antara keduanya dengan mempertimbangkan aroma yang lebih kamu sukai, kondisi kulit, serta ketahanan aroma seperti apa yang kamu butuhkan.

Selain itu, sesuaikan jenis wewangian yang kamu pilih dengan budget kamu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *