#1 Kenali DEBM, Diet Tanpa Sengsara, Ampuh Atau Tidak?

  • Whatsapp
#1 Kenali DEBM, Diet Tanpa Sengsara, Ampuh Atau Tidak?
#1 Kenali DEBM, Diet Tanpa Sengsara, Ampuh Atau Tidak?

Garisatu.com – Siapa yang tidak ingin menjalankan diet tanpa sengsara? Seiring perkembangan jaman, banyak bermunculan pola pola diet yang diciptakan untuk membantu menurunkan berat badan. Salah satu jenis diet yang sedang populer belakangan ini ialah diet DEBM. Pola diet tanpa sengsara ini mengklaim bisa menurunkan berat badan hingga sebanyak 2 kilogram dalam jangka waktu satu minggu saja. Tidak hanya itu, bahkan orang yang menjalani program diet tanpa seng ini masih bisa makan enak setiap saat tanpa harus berolahraga apalagi mengkonsumsi obat.

Terdengar sangat menarik bukan? Namun sebelum kamu memutuskan untuk mencoba diet tanpa sengsara, yuk simak dulu fakta faktanya.

Bacaan Lainnya

Diet tanpa sengsara DEBM merupakan kepanjangan dari Diet Enak Bahagia Menyenangkan. Pola diet ini dipopulerkan oleh Robert Hendrik Liembono. Ia bukanlah seorang dokter, ahli gizi, atau tenaga medis lainnya.

Akan tetapi tips diet tanpa sengsara yang ia cetuskan ini berhasil menurunkan berat badan banyak orang.

Diet tanpa sengsara ini tidak seperti metode diet lainnya, sebab dalam DEBM memungkinkan anda untuk makan enak kapan saja tanpa diharuskan untuk berolahraga.

Tenang saja, kamu tidak akan dibiarkan sengsara menahan rasa lapar dengan diet tanpa sengsara ini.

Sebaliknya, malah pelaku diet akan diberi kebebasan untuk mengonsumsi makanan favorit mereka sebanyak yang mereka mau. Namun, tentu saja jenis makanan yang dikonsumsi harus tetap mengikuti prinsip prinsip diet DEBM yaitu rendah karbohidrat dan tinggi protein serta lemak.

#1 Kenali DEBM, Diet Tanpa Sengsara, Ampuh Atau Tidak?

DEBM menganggap bahwa karbohidrat ialah salah satu penyebab seseorang mengalami obesitas. Hal ini dikarenakan karbohidrat adalah salah satu zat gizi penyumbang kalori yang cukup besar, apalagi jika dikonsumsi terlalu banyak.

Semakin banyak karbohidrat yang kamu konsumsi, maka semakin banyak pula kalori yang masuk ke tubuh. Jika kamu termasuk oramg yang jarang melakukan aktifitas fisik, lama kelamaan akan terjadi penumpukan kalori didalam tubuh dan menyebabkan kenaikan berat badan. Itulah alasan mengapa diet ini mengurangi asupan karbohidrat seminim mungkin.

#1 Kenali DEBM, Diet Tanpa Sengsara, Ampuh Atau Tidak?

Di sisi lain, untuk memenuhi kebutuhan energi yang tidak didapatkan dari karbohidrat, pelaku diet diminta untuk mengonsumsi makanan yang tinggi protein hewani pada pagi dan malam hari.

Menariknya, diet ini tidak melarang anda untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak, serta tidak melarang penggunaan penyedap rasa seperti garam dan vetsin (MSG/micin).

Kamu perlu mengetahui makanan apa saja yang boleh dikonsumsi dalam diet ini dan tidak. Pantangan terbesar diet ini ialah gula.

Baik berupa gula murni maupun gula dalam bentuk lain seperti madu, kecap, atau yang terkandung didalam buah dan sayur.

Secara umum, berikut beberapa pantangan makanan dalam DEBM.

1.         Nasi, pasta, sereal, mi, roti, dan makanan bertepung lainnya

2.         Pemanis, termasuk gula, madu, sirup maple

3.         Minuman bergula atau minuman manis seperti soda, teh manis, susu, cokelat, atau jus

4.         Sayuran yang mengandung pati tinggi seperti kentang, ubi, labu, dan bit

5.         Buah tinggi karbohidrat seperti pisang, pepaya, melon, dan semangka

Sementara makanan yang dianjurkan ketika menjalani DEBM ialah sebagai berikut.

1.         Telur

2.         Semua jenis ikan, khususnya ikan berlemak tinggi seperti salmon dan tuna

3.         Daging sapi dan unggas

4.         Susu dan produk turunannya seperti yoghurt, keju, krim, dan mentega

5.         Sayuran yang tidak mengandung pati tinggi seperti wortel, kembang kol, buncis, brokoli, dan sayuran hijau lainnya

6.         Buah buahan tinggi lemak seperti alpukat

#1 Kenali DEBM, Diet Tanpa Sengsara, Ampuh Atau Tidak?

1 Kenali DEBM, Diet Tanpa Sengsara, Ampuh Atau Tidak?

Diet ini secara garis besar hampir mirip dengan diet keto. Namun ada beberapa metode yang mirip, seperti pengurangan karbohidrat, dan beberapa metode yang berbeda.

Dalam diet keto, ada panduan atau standar terkait asupan lemak yang dianjurkan. Misalnya, diet keto mengharuskan pelakunya untuk mengonsumsi lemak sebanyak 75 persen, 20 persen protein, dan 5 persen karbohidrat.

Sementara diet DEBM tidak mewajibkan pelakunya untuk mengonsumsi banyak lemak. Yang terpenting adalah asupan protein hewaninya.

#1 Kenali DEBM, Diet Tanpa Sengsara, Ampuh Atau Tidak?

Intinya diet ini menekankan prinsip lebih mengurangi asupan karbohidrat ketimbang protein dan lemaknya.

Dan meskipun diet ini disebut sebut sebagai pola diet yang ampuh untuk menurunkan berat badan, diet rendah karbo dan tinggi lemak sangat mungkin untuk memunculkan efek samping.

Pasalnya, tubuh Anda menerima asupan karbohidrat yang lebih sedikit ketimbang lemak dan protein. Alhasil, tubuh anda secara otomatis akan memunculkan serangkaian kondisi, seperti sakit kepala, mual, merasa lemas, lesu, dan tidak bertenaga, sembelit, kembung, kram otot, insomnia, dan bau mulut.

Selain itu, karbohidrat juga membantu menjaga jumlah protein atau massa otot dalam tubuh. Ketika asupan karbohidrat rendah, maka tubuh otomatis mengambil protein sebagai sumber energi.

Lama-lama kondisi ini dapat menyebabkan jaringan otot menyut atau bahkan pecah.

Lebih jauh lagi, diet rendah karbohidrat dapat menyebabkan jumlah bakteri baik di dalam ususnya menurun. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Applied and Eviromental Microbioly.

Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa berkurangnya bakteri yang diperlukan usus akan memengaruhi produksi asam lemak rantai pendek dan antioksidan di dalam usus.

Padahal, kedua senyawa ini sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan usus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *