#1 Hati Hati, Tidak Semua Jagung Bisa Dimasak

  • Whatsapp
#1 Hati Hati, Tidak Semua Jagung Bisa Dimasak
#1 Hati Hati, Tidak Semua Jagung Bisa Dimasak

Garisatu.com – Jagung adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia. Namun nyatanya, tidak semua jagung bida dimasak.

Di Indonesia tumbuh berbagai jenis jagung. Dan masing masing jenisnya memiliki karakter serta rasa dan tekstur yang berbeda juga. Oleh sebab itu, pemanfaatan dan pengolahan jenis jenis jagung ini juga tidak bisa disamakan.

Bacaan Lainnya
#1 Hati Hati, Tidak Semua Jagung Bisa Dimasak

Jagung banyak digunakan dalam hidangan masakan Indonesia, tetapi penting untuk diketahui tidak semua jagung bisa diolah untuk masakan.

Ada beberapa jenis jagung yang hanya dipakai untuk membuat tepung atau menjadi pakan ternak.

Supaya kamu tidak keliru, berikut ini jenis jenis jagung yang populer di Indonesia beserta penjelasannya.

1.         Jagung manis

#1 Hati Hati, Tidak Semua Jagung Bisa Dimasak

Jagung manis atau dikenal juga dalam bahasa inggrisnya, sweet corn, termasuk jenis jagung yang sering diolah. Sesuai dengan namanya, jagung ini memiliki cita rasa yang manis dan bijinya empuk. Jenis jagung manis umumnya digunakan dalam pembuatan bakwan, sayur sup, atau sekedar direbus begitu saja.

Berbeda dengan jenis jagung pada umumnya, jagung manis justru sudah di panen ketika masih muda. Di dalam jagung manis muda terkandung kadar gula yang lebih tinggi dibandingkan dengan pati biji, sehingga menghasilkan rasa yang lebih manis dan nikmat. Biji dari jagung manis juga lebih empuk dan berair.

2.         Jagung berondong

#1 Hati Hati, Tidak Semua Jagung Bisa Dimasak

Jagung berondong cukup populer dan banyak penggemarnya. Di kenal juga dengan nama pop corn dan memiliki bentuk yang berbeda dengan jagung utuh. Seperti yang dilansir dari Epic Gardening, jagung berondong memiliki biji yang kecil dan keras. Jenis jagung ini memiliki kelembaban sekitar 14 sampai dengan 20 persen.

Ketika dipanaskan, air yang terperangkap didalam bijinya akan berubah menjadi uap dan membuat bijinya mengembang. Biji yang menguap ini bisa meledak hingga 10 sampai 30 kali lebih besar dibandingkan ukuran awalnya. Dari ledakan inilah yang kemudian menghasilkan camilan renyah bernama pop corn. Tidak dapat dipungkiri, penggemar popcorn jaman ini sangat banyak.

3.         Jagung mutiara (flint corn)

#1 Hati Hati, Tidak Semua Jagung Bisa Dimasak

Jenis jagung mutiara memiliki banyak warna biji yang unik. Ada yang berwarna kuning, putih, dan juga warna merah. Bijinya berbentuk lebih bulat dan licin, namun ukurannya sedikit lebih kecil.

Ketika dikeringkan, jagung mutiara akan mengerut, sehingga bijinya sulit untuk diolah menjadi masakan. Maka dari itu, di Indonesia, jagung mutiara digunakan sebagai pakan ternak. Namun berbeda dengan di negara Amerika, jagung mutiara juga dimanfaatkan untuk membuat tepung ataupun bubur jagung.

1 Hati Hati, Tidak Semua Jagung Bisa Dimasak

4.         Jagung gigi kuda (dent corn)

#1 Hati Hati, Tidak Semua Jagung Bisa Dimasak

Jagung gigi kuda memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis jagung lainnya. Jagung kuda juga memiliki warna yang sedikit lebih terang daripada jagung manis. Seperti yang dilansir dari Serious Eats, jagung gigi kuda memiliki kandungan pati yang lebih tinggi dibandingkan dengan jagung manis. Namun justru memiliki kadar gula yang lebih rendah. Jagung gigi kuda memiliki dua jenis warna, yakni warna kuning dan putih. Biasanya, jagung berwarna kuning digunakan sebagai pakan ternak.

Sementara jagung berwarna putih dimanfaatkan untuk membuat roti ataupun tepung jagung. Di Amerika, jenis jagung inilah yang digunakan untuk membuat keripik tortilla.

5.         Jagung pod

#1 Hati Hati, Tidak Semua Jagung Bisa Dimasak

Jagung ini mudah dikenali karena bentuknya berbeda dengan jagung lainnya. Seluruh tongkol jagung pod terbungkus oleh kelobot.

Oleh karenanya, jagung ini tidak bisa digunakan untuk memasak. Biasanya jagung pod hanya dimanfaatkan untuk membuat hiasan saja. Apalagi warna bijinya juga bervariasi.

6.         Jagung ketan (glutinuous corn)

#1 Hati Hati, Tidak Semua Jagung Bisa Dimasak

Jagung lilin atau jagung ketan adalah jenis jagung ladang yang ditandai oleh tekstur lengketnya ketika dimasak sebagai hasil dari jumlah amilopektin yang lebih besar. Jagung pertama kali dideskripsikan dari spesimen dari Cina pada tahun 1909.

Jagung kentan memiliki biji yang kecil dan mengilat. Saat diolah bijinya pun akan terasa lebih lengket daripada jagung biasanya.   Hal ini terjadi karena jagung ketan memiliki kandungan amilopektin yang cukup tinggi. Jagung ketan sering diolah makanan yang kenyal, seperti lepet misalnya. 

Itu dia berbagai jenis jagung yang ada di Indonesia dan juga penggunaan dan penjelasannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *